Obat Sakit Perut Alami Ini Efektif Atasi Nyeri Asam Lambung

ADVERTISEMENT

Obat Sakit Perut Alami Ini Efektif Atasi Nyeri Asam Lambung

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Minggu, 03 Apr 2022 12:37 WIB
Sakit perut asam lambung
Obat sakit perut alami efektif atasi nyeri asam lambung (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Obat sakit perut sebenarnya banyak tersedia di apotek. Namun, tidak sedikit orang yang memilih obat sakit perut alami sebagai metode pengobatan alternatif. Mereka beranggapan bahwa kandungan bahan-bahan herbal lebih efektif atasi sakit perut.

Sakit perut disebabkan oleh banyak faktor, utamanya gangguan pencernaan. Beberapa gejala yang dirasakan akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari, seperti perut kembung, lemas, mual, dan muntah.

Hampir semua orang pernah mengalami sakit perut. Sebagian besar penyebab sakit perut bergejala ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, sakit perut juga bisa menjadi pertanda penyakit serius. Jadi jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

5 Obat Sakit Perut Alami

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah lima obat sakit perut alami yang terbuat dari bahan-bahan dapur dan efektif atasi sakit perut dengan cepat.

1. Jahe

Obat sakit perut yang pertama adalah jahe. Jahe terkenal akan khasiatnya bagi tubuh, karena ampuh atasi mual, kembung, dan bisa jaga imunitas tubuh. Jahe biasanya dikonsumsi dalam bentuk jamu atau minuman hangat.

2. Kunyit

Sejak dulu, kunyit dipercaya sebagai obat sakit perut alami. Kunyit mengandung senyawa anti radang, yang mampu menebalkan dinding perut agar tidak mudah iritasi akibat asam lambung.

Selain mengatasi peradangan, kunyit juga mampu mengatasi rasa sakit akibat nyeri menstruasi.

3. Madu

Penelitian yang menunjukkan bahwa madu diklaim efektif menjadi obat sakit perut alami. Kandungan anti oksidan dan anti radangnya mampu melindungi selaput lendir di perut.

4. Lidah buaya

Selain bagus untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga bisa mengatasi sakit perut. Karena mengandung senyawa anti radang dan kaya akan serat menjadikan lidah buaya sebagai obat sakit perut alami.

Untuk mengatasi sakit perut, lidah buaya dapat dikonsumsi dalam bentuk jus atau minuman lainnya.

5. Air Putih

Air putih memiliki banyak khasiat yang diperlukan tubuh dan dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Air putih bahkan juga bisa menjadi obat sakit perut alami.

Air putih mampu menetralkan aktivitas asam lambung yang tinggi, salah satu penyebab sakit perut.



Simak Video "Gejala Omicron BN.1 yang Sudah Masuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT