Habis Vaksin Minum Air Kelapa, Benarkah Bisa Redakan Efek Vaksin COVID-19?

ADVERTISEMENT

Habis Vaksin Minum Air Kelapa, Benarkah Bisa Redakan Efek Vaksin COVID-19?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jumat, 08 Apr 2022 14:45 WIB
Ilustrasi vaksinasi.
Habis vaksin minum air kelapa (Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar)
Jakarta -

Habis vaksin minum air kelapa, apakah ada efeknya? Pertanyaan ini kerap dicari oleh masyarakat lantaran masih banyak yang percaya kalau habis vaksin minum air kelapa dapat menghilangkan fungsi, bahkan bisa menetralkan efek vaksin COVID-19.

Air kelapa sendiri kerap dianggap ampuh dalam menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Itu mengapa masyarakat yang khawatir terhadap efek vaksin COVID-19 atau Kejadian Ikutan Pasca Imunitas (KIPI) merekomendasikan minum air kelapa sebagai penetralisir. Lantas, benarkah demikian? Simak informasi berikut.

Habis Vaksin Minum Air Kelapa, Efeknya Apa?

Spesialis gizi klinik dari Ambrosia Klinik dan Estetik, dr Karin Wiradarma, MGizi, SpGK, mengungkapkan asupan makanan sebenarnya tak ada hubungan dengan kinerja vaksin di dalam tubuh.

Meski habis vaksin minum air kelapa diperbolehkan, namun Karin menegaskan bahwa air kelapa tak akan memberikan efek pada penerima vaksin COVID-19.

"Boleh (minum air kelapa setelah disuntik vaksin COVID-19), tapi nggak ada efeknya sih," ujar dr Karin saat ditemui detikcom di Ambrosia Klinik dan Estetik, Bekasi, Senin (7/3/2022).

"Mungkin ada orang habis vaksin, tergantung vaksinnya apa. Kalau Sinovac biasanya lapar, okelah makan apa saja terserah. Kalau untuk yang Moderna sama AstraZeneca itu biasanya lemas, seperti sakit sampai demam, bisa satu sampai tiga hari, itu sebenarnya sih makan makanannya untuk vaksin tidak ada yang khusus banget," imbuhnya.

Manfaat Air Kelapa

Selain nikmat dikonsumsi, air kelapa juga disebut-sebut memiliki efek baik layaknya minuman isotonik. Namun, karena orang yang habis vaksin tidak berkeringat seperti orang yang habis berolahraga, minum air kelapa pun tak memberikan efek apa-apa pada tubuh.

"Sebenarnya sih air kelapa itu kan mengandung mineral saja. Seperti semacam Pocari Sweat. Sebenarnya kalau dia nggak berkeringat terlalu banyak, itu sebenarnya nggak ada efeknya sih," beber dr Karin.

"Kecuali kalau habis olahraga, lebih dari 60 menit itu bagus minum air kelapa. Karena itu selain menggantikan air, menggantikan ion yang hilang dari keringat. Tapi kalau vaksin itu nggak ya, kita kan nggak keluar apa-apa," pungkasnya.

Selain itu, dr Karin juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga dan meningkatkan imunitas di tengah pandemi, seperti menjaga asupan makan dan pola tidur yang baik.



Simak Video "Yang Perlu Diketahui soal Booster Kedua Vaksin Covid-19 untuk Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT