Kapan Waktu yang Tepat Minum Vitamin C di Bulan Puasa untuk Anak?

ADVERTISEMENT

Kapan Waktu yang Tepat Minum Vitamin C di Bulan Puasa untuk Anak?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Minggu, 10 Apr 2022 07:38 WIB
Ilustrasi Vitamin C
Foto: shutterstock
Jakarta -

Selama bulan Ramadan, kesehatan anak harus tetap dijaga. Tak hanya dengan makanan yang sehat dan bergizi, tetapi juga dengan mengkonsumsi vitamin setiap hari, terutama vitamin C juga sangat penting untuk anak.

Vitamin C berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak agar tetap aktif menjalani puasa dan terhindar dari paparan penyakit.

Dikutip dari Mayoclinic, vitamin C umumnya tak bisa diproduksi secara otomatis di dalam tubuh, sehingga penting bagi anak untuk mengkonsumsi asupan vitamin C dari luar, seperti buah dan suplemen.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk memberikan vitamin C di bulan puasa pada anak?

Menurut dokter spesialis anak, dr Kanya Ayu, SpA, dari RS Hermina Jatinegara, mengkonsumsi vitamin C sebaiknya setelah makan, baik itu saat berbuka, setelah terawih, ataupun saat sahur.

Pasalnya, ini berguna untuk menghindari efek samping, seperti penyakit lambung yang disebabkan oleh vitamin C lantaran bersifat asam. Oleh karena itu, disarankan memberikan vitamin pada saat perut anak sudah terisi makanan.

"Jadi sebaiknya memang setelah makan (mengkonsumsi vitamin C). Mau setelah makan saat berbuka, atau setelah terawih, ataupun saat sahur. Nggak ada masalah diminum pagi, siang, sebelum tidur, atau apapun, tapi mungkin sebaiknya jangan saat perut kosong. Jadi, sudah diisi makanan dulu, baru minum vitamin C," tuturnya dalam diskusi daring baru-baru ini.



Simak Video "Elon Musk: Aku Puasa Secara Berkala dan Merasa Lebih Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT