Minggu, 10 Apr 2022 14:25 WIB

Round Up

Soal Gelas di Perut Pria Jember, Ini Dampak Fatal Jika Tak Cepat Dikeluarkan

Vidya Pinandhita - detikHealth
Gelas dalam perut Dokter menjelaskan risiko fatal jika fenomena gelas menyangkut di perut tidak segera diberi tindakan. Foto: Yakub Mulyono
Jakarta -

Seorang pria asal Jember, Nurlasiadi (35), belakangan ini bikin geger lantaran 'kemasukan' gelas beling dalam perut. Ia mengaku, dirinya tak memasukkan gelas tersebut secara sengaja lewat dubur. Ia meyakini, kejadian tersebut disebabkan kiriman santet.

"Enggak lah, buat apa saya melakukannya (memasukkan gelas lewat anus). Kan jelas-jelas sakit," ungkap Nurlasiadi kepada detikJatim saat ditemui di rumahnya di Desa Sidomulyo, Semboro, Kabupaten Jember, Kamis (7/4/2022).

Awalnya, ia merasa sakit setiap bergerak. Ia juga kesulitan membuang air besar (BAB) sehingga feses yang keluar hanya sedikit. Naturalisasi sampai harus menggunakan popok lantaran dirinya tak sanggup bangun untuk berjalan ke kamar mandi.

Di lain sisi, dokter menduga gelas tersebut dimasukkan secara sengaja lewat dubur. Lebih lanjut, jika pasien tersebut tak diberi penanganan segera, bisa timbul sejumlah penyakit seperti infeksi, ruptur atau robek usu, hingga risiko kematian sebab tinja tak bisa dikeluarkan hingga berbulan-bulan.

"Nyeri, infeksi, hingga ruptur," kata spesialis penyakit dalam, dr Aru Ariadno, SpPD KGEH, dari RS Brawijaya Depok saat dihubungi detikcom, Kamis (7/4).

"Kalo 3 bulan seperti itu berarti tidak bisa bab 3 bulan. Berarti bisa meninggal," sambungnya.

Nurlasiadi akhirnya menjalani tindakan operasi untuk mengeluarkan gelas dari perutnya. Kondisi Nurlasiadi juga dikabarkan sudah membaik pasca operasi tersebut.

"Kemarin rasanya agak ganjal, sakit di bagian perut. Sekarang enakan," pungkas Nurlasiadi.



Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)