ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Apr 2022 07:15 WIB

Waduh! Baru Lagi, WHO Pantau 'Saudara' Omicron BA.4 dan BA.5

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Topik Hangat BA.4 dan BA.5
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini tengah melacak beberapa kasus dua subvarian baru dari varian Omicron. Kedua subvarian baru tersebut adalah BA.4 dan BA.5.

Hal ini dilakukan untuk melihat apakah kedua subvarian baru dari Omicron ini lebih menular atau berbahaya dari subvarian yang ada sebelumnya.

"Kami mulai melacak mereka (BA.4 dan BA.5) karena mutasi tambahan yang perlu dipelajari lebih lanjut untuk memahami dampaknya pada potensi pelarian kekebalan," kata WHO yang dikutip dari Channel News Asia, Selasa (12/4/2022).

"Hanya beberapa lusin kasus BA.4 dan BA.5 yang telah dilaporkan ke database GISAID global," ungkapnya.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan pekan lalu kasus BA.4 sudah ditemukan di Afrika Selatan, Denmark, Botswana, Skotlandia, dan Inggris, dari 10 Januari hingga 30 Maret. Sementara kasus BA.5 ditemukan di Afrika Selatan pada minggu lalu.

Namun, pada Senin (11/4/2022), Kementerian Kesehatan Botswana melaporkan telah mengidentifikasi empat kasus BA.4 dan BA.5.

Kasus tersebut dialami oleh orang-orang yang berusia 30-50 tahun dan telah divaksinasi penuh. Sejauh ini, para pasien hanya mengalami gejala ringan.

(sao/naf)
Topik Hangat BA.4 dan BA.5

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT