ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Apr 2022 13:23 WIB

Ade Armando Alami Perdarahan di Otak Belakang, Seserius Apa?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Grace Natalie dkk Saat Menjenguk Ade Armando Foto: Grace Natalie dkk Saat Menjenguk Ade Armando (Dok Instagram Grace Natalie)
Jakarta -

Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando mengalami perdarahan otak usai dikeroyok massa pada aksi demo 11 April di depan gedung DPR. Bagian otak ini mengatur penglihatan dan kesimbangan.

"Saya langsung nemenin beliau (Ade) ketika dokternya itu menjelaskan. Hasil CT scan tadi malam itu menunjukkan Bang Ade pendarahan di otak belakangnya. Jadi itu memanjang," kata sahabat Ade Armando, Nong Darol Mahmada, saat ditemui di RS Siloam, Semanggi, Jakarta Selatan, dikutip dari detikNews, Selasa (12/4/2022).

Sabahat Ade, Nong Darol Mahmada, mengatakan kondisi tersebut disebabkan karena pukulan yang terlalu keras di bagian kepala saat terjadinya pengeroyokan.

Perdarahan di bagian otak akibat trauma berpotensi menimbulkan gangguan pada fungsi otak atau bagian tubuh lainnya.

Spesialis saraf dr Irawaty Hawari SpS mengatakan keparahan akibat perdarahan di otak bagian belakang akan bergantung dari lokasinya. Namun yang paling berisiko adalah pada saraf mata dan pusat keseimbangan.

"Area belakang itu lokasi pusat penglihatan atau keseimbangan. Akan mengganggu area saraf di bagian tersebut," jelasnya kepada detikHealth, Selasa (12/4/2022).

"Kalau di area belakang akan diperiksa untuk keseimbangannya kemudian gangguan lapang pandangnya atau penglihatannya," sambungnya.

Kondisi pasien yang mengalami pendarahan otak harus diobservasi lebih lanjut untuk memantau keparahan yang terjadi. Proses penyembuhan akan tergantung dari keparahan yang dialami.

Simak Video 'Babak Belur Dikeroyok, Ade Armando Akan Jalani CT Scan':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT