Selasa, 12 Apr 2022 12:36 WIB

Dialami Ade Armando usai Dikeroyok, Apa Itu Perdarahan di Otak Belakang?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Grace Natalie dkk Saat Menjenguk Ade Armando Dosen Universitas Indonesia Ade Armando mengalami pendarahan di otak bagian belakang pasca dikeroyok di aksi demo. Foto: Grace Natalie dkk Saat Menjenguk Ade Armando (Dok Instagram Grace Natalie)
Jakarta -

Ade Armando, dosen Universitas Indonesia (UI) yang dikeroyok massa dengan beringas pada aksi demo kemarin di depan gedung DPR, dikabarkan mengalami perdarahan di otak bagian belakang. Disebutkan, kondisi tersebut mungkin disebabkan pukulan keras dan bertubi-tubi pada kepala Ade saat terjadi pengeroyokan.

"Saya langsung nemenin beliau (Ade) ketika dokternya itu menjelaskan. Hasil CT scan tadi malam itu menunjukkan Bang Ade pendarahan di otak belakangnya. Jadi itu memanjang," kata sahabat Ade Armando, Nong Darol Mahmada, saat ditemui di RS Siloam, Semanggi, Jakarta Selatan, dikutip dari detikNews, Selasa (12/4/2022).

Nong menjelaskan, hari ini Ade Armando akan kembali menjalani CT scan. Dokter terus memantau Ade Armando setiap dua jam sejak CT scan pertama dilakukan tadi malam, tak lain untuk melihat apakah kondisi Ade menurun.

"Setelah 12 jam, Bang Ade akan di-CT scan lagi untuk memastikan lagi yang tadi soal pendarahan di otak belakang apakah bertambah parah, apakah perlu dioperasi atau bagaimana. Hari ini lagi terus menerus dipantau," kata Nong.

Terakhir menurut Nong, jika kondisi Ade terpantau menurun, dokter mungkin bakal memberikan tindakan operasi.

"Tadi malam juga sempat disampaikan oleh dokter Apakah akan dilakukan penanganannya itu secara konvensional atau operasi. Kalau konvensional itu sekarang yang sedang dilakukan. Jadi dipantau terus, kemudian dikasih obat," katanya.

"Kalau itu membantu, baik kondisinya Bang Ade, operasi itu nggak perlu dilakukan. Tapi kalau misal tiba-tiba drop kesadaran, terpaksa dioperasi," pungkas Nong.

NEXT: Apa itu perdarahan di otak belakang?

Lihat Video: Babak Belur Dikeroyok, Ade Armando Akan Jalani CT Scan

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2