ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Apr 2022 19:39 WIB

Biar Nggak Risih, Ini Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
ilustrasi pria jerawat Ada beberapa cara menghilangkan jerawat yang bisa kamu coba. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Jerawat menjadi momok yang menyebalkan bagi siapa saja. Hal ini karena kemunculan jerawat dapat mengganggu penampilan seseorang. Namun, ada cara menghilangkan jerawat secara alami. Cara ini aman digunakan dan tidak memiliki efek samping pada wajah.

Biasanya, seseorang akan pergi ke dokter kulit untuk mengobati masalah jerawat, apalagi jika kondisinya cukup parah. Jika tidak terlalu parah, maka bisa menggunakan cara alami yang dijamin keefektifannya.

Cara menghilangkan jerawat secara alami menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur, sehingga tidak hanya murah, namun juga mudah didapat. Ada beberapa sayur atau buah yang dimanfaatkan sebagai obat jerawat, seperti mentimun, alpukat, dan tomat.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara menghilangkan jerawat secara alami menggunakan bahan-bahan dapur.

1. Pepaya

Pepaya mengandung enzim yang mampu mengangkat sel kulit mati penyebab jerawat di kulit wajah. Untuk itu, gunakan pepaya sebagai masker alami penghilang jerawat di kulit.

2. Tomat

Tomat juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami. Kandungan vitamin A dan vitamin C pada tomat mampu membasmi jerawat di wajah. Caranya, potong tomat menjadi dua bagian. Lalu, oleskan tomat ke seluruh permukaan kulit wajah. Diamkan 20-30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

3. Alpukat

Selain tomat, alpukat bisa dimanfaatkan sebagai masker kulit yang bantu atasi jerawat. Kandungan vitamin E yang terdapat pada alpukat membuat kulit menjadi lembut dan mengurangi peradangan akibat jerawat.

Caranya, haluskan daging alpukat hingga membentuk masker, kemudian tambahkan satu sendok madu. Oleskan campuran ini ke wajah secara merata. Diamkan 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Madu

Cara menghilangkan jerawat yang berikutnya adalah dengan menggunakan madu. Madu sering digunakan dalam perawatan kulit. Campuran madu dan kayu manis sangat bagus untuk membuat masker, utamanya untuk melawan bakteri pemicu jerawat.

Caranya mudah, campurkan dua sendok makan madu dan satu sendok teh kayu manis. Oleskan campuran ini ke wajah, lalu biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas sampai bersih.

5. Putih Telur

Putih telur mengandung enzim lysonzim yang mampu atasi jerawat secara ampuh. Caranya, pisahkan putih telur dari kuningnya, lalu tambahkan air serta perasan lemon. Kemudian, oleskan secara merata ke wajah, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan jerawat yang efektif. Lidah buaya mengandung polifenol yang mampu membersihkan jerawat secara menyeluruh.

Caranya, ambil gel yang terdapat pada lidah buaya, lalu gunakan seperti masker. Diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas sampai bersih.

7. Mentimun

Cara menghilangkan jerawat yang terakhir adalah dengan menggunakan mentimun. Mentimun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, vitamin, dan asam amino. Semua kandungan ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat membandel. Caranya, gunakan mentimun sebagai masker pada kulit berjerawat secara teratur.



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT