Rabu, 13 Apr 2022 17:38 WIB

Bisa Bikin Perut Nggak Nyaman, Hindari 3 Jenis Makanan Ini Saat Buka Puasa

Firdaus Anwar - detikHealth
Sering Makan Gorengan Saat Buka Puasa? Lakukan 5 Hal Ini untuk Kurangi Efek Buruknya Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Ramainya hidangan saat berbuka puasa bisa bikin kita kalap. Hati-hati jangan sembarangan memilih makanan karena malah bisa jadi bikin perut enggak nyaman.

Ahli gizi klinis dari Burjeel Hospital, Rahma Ali, menjelaskan saat berbuka puasa sebaiknya hindari tiga jenis makanan yaitu goreng-gorengan, hidangan tinggi gula, dan minuman berkarbonasi.

Gorengan tidak disarankan untuk berbuka puasa karena kandungan lemak yang tinggi. Dampaknya kolesterol tubuh bisa jadi tidak terkendali dan berisiko untuk penyakit kardiovaskular.

Sementara hidangan yang tinggi gula, meski bisa cepat mengisi energi setelah berpuasa seharian, berisiko juga menjadi sumber kalori yang berlebih. Hindari mengonsumsi hidangan manis berlebih bila seseorang ingin menjadikan momen puasa sebagai kesempatan diet sehat demi menjaga berat badan.

Untuk minuman bersoda, kandungannya dapat memperparah masalah asam lambung. Terlalu sering minum soda saat berbuka puasa bisa menyebabkan asam di lambung naik ke tenggorokan, memicu gastroesophageal reflux disease (GERD).

"Puasa selama Ramadan dapat meningkatkan kesehatan seseorang, tetapi hanya jika dilakukan dengan benar. Jika tidak ini malah dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan," kata Ali seperti dikutip dari Khaleej Times, Rabu (13/4/2022).

"Penting untuk mengendalikan diri ketika kamu melihat makanan yang menggugah selera. Kuncinya adalah ingat bahwa Ramadan adalah bulan untuk menuai pahala dan manfaat, serta meningkatkan hubungan spiritual kamu," pungkasnya.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)