Tetap Ngantuk Meski Habis Sahur Tidur Lagi? Dokter Sebut Kemungkinannya

ADVERTISEMENT

Tetap Ngantuk Meski Habis Sahur Tidur Lagi? Dokter Sebut Kemungkinannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rabu, 13 Apr 2022 20:37 WIB
Traveler woman sleeping in a train travel beside the window
Foto: iStock
Jakarta -

Sebagian orang jadi lebih mengantuk saat berpuasa. Padahal, langsung tidur lagi setelah sahur. Kenapa ya kok jadi gampang mengantuk?

Pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja, menegaskan bahwa tidur setelah sahur boleh-boleh saja dilakukan. Namun, tetap ada pengecualian, khususnya bagi mereka yang mengalami masalah tidur.

Jika memang kurang tidur, dokter yang akrab disampa dr Ade ini menyarankan agar bisa memanfaatkan waktu untuk tidur lagi setelah sahur. Kurang tidur menurutnya bukan cuma bikin susah fokus karena mengantuk, tetapi juga membahayakan.

"Di bulan puasa orang banyak yang kurang tidur. Kalau mau berangkat kerja, berkendara tapi belum tidur kan bahaya," kata dr Andreas pada detikcom, Rabu (13/4/2022).

"Berkendara di saat ngantuk itu lebih berbahaya daripada saat mabuk. Jadi istirahat, tidur dulu. Jangan diremehkan, tidur sangat penting," lanjutnya.

Namun, sebagian orang masih saja merasa ngantuk meski waktu tidurnya sudah cukup. Kok bisa ya?

Menurut dr Andreas, itu bisa disebabkan karena waktu tidur yang kurang. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kurangnya tidur.

Misalnya seperti kebiasaan mendengkur hingga gangguan tidur, seperti narkolepsi.

"Kalau disebabkan oleh periodic movement in sleep, berarti terjadi gerak-gerakan pada kaki pada saat tidur. Bisa juga disebabkan narkolepsi yang ngantuknya luar biasa," jelasnya.



Simak Video "Tidur Sore Bikin Bodoh"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)
A-Z Tidur Setelah Sahur
A-Z Tidur Setelah Sahur
6 Konten
Kerap jadi pertanyaan banyak orang, sebenarnya boleh nggak sih tidur setelah sahur? Mana waktu yang tepat untuk tidur setelah sahur?

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT