Jumat, 15 Apr 2022 08:15 WIB

Jangan Asal Pencet, Ada Obat Bisul Herbal yang Terbukti Lebih Aman

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Abscess under the chin, area of suppuration. Collection of pus that has built up within the tissue of the body. Obat bisul herbal yang terbukti aman. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Sebagian orang pasti pernah merasakan terkena bisul. Walau merupakan penyakit yang ringan, bisul susah sekali kempes. Namun, jangan pernah mencoba memencetnya, ya. Ada baiknya untuk menggunakan obat bisul herbal yang terbukti aman.

Bisul adalah benjolan berisi nanah yang menimbulkan rasa sakit. Bisul terbentuk karena adanya infeksi bakteri di bawah permukaan kulit.

Bisul berawal dari benjolan lunak berwarna kemerahan atau keunguan. Benjolan ini dengan cepat terisi nanah, tumbuh menjadi besar dan menyakitkan, hingga akhirnya pecah dan mengering. Area yang berpotensi terkena bisul adalah wajah, belakang leher, ketiak, paha, dan bokong.

Bisul biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi, jangan coba-coba untuk menusuk atau memencetnya, karena dapat menyebarkan infeksi bakteri itu sendiri.

Obat Bisul Herbal

Umumnya, proses pemulihan dapat dipercepat dengan menggunakan obat bisul yang dapat memiliki sifat antibakteri, antivirus, atau antijamur. Obat bisul dengan kandungan seperti ini bisa ditemukan di bahan-bahan alami.

Dikutip dari Medical News Today, berikut ini adalah obat bisul alami yang terbukti efektif dan manjur

1. Kunyit dan jahe

Campuran kunyit dan jahe adalah bahan yang bermanfaat jadi obat bisul. Caranya, campurkan kunyit dan jahe, kemudian rebus ke dalam air asin, lalu oleskan ke bisul selama 5 hingga 10 menit setiap hari.

2. Bawang merah

Bawang merah bisa menjadi obat bisul. Caranya, potong bawang merah menjadi dua, lalu bungkus 1 potongannya dengan kain kasa, kemudian tempatkan di atas bisul selama 1 jam setiap dua kali sehari.

3. Bawang putih

Selain bawang merah, bawang putih bisa dimanfaatkan sebagai obat bisul. Caranya, haluskan bawang putih, lalu oleskan di area bisul selama 10 hingga 30 menit sekali setiap dua kali sehari.

4. Tea tree oil

Penggunaan tea tree oil ternyata juga bisa bantu atasi bisul. Tea tree oil dapat dioleskan langsung ke bisul setiap kali mengganti perban.

5. Minyak atsiri

Selain tea tree oil, minyak atsiri dapat dimanfaatkan sebagai obat bisul dengan mengoleskannya pada area bisul.



Simak Video "Obat Covid Remdesivir Disetujui untuk Anak di Bawah 12 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)