5 Obat Batuk Berdahak Herbal, Bantu Ringankan Gejala Pneumonia

ADVERTISEMENT

5 Obat Batuk Berdahak Herbal, Bantu Ringankan Gejala Pneumonia

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Jumat, 15 Apr 2022 11:30 WIB
COVID-19 Pandemic Coronavirus, Asian woman wearing a mask, have a symptoms coughing and fever
Obat batuk berdahak herbal. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/ronnachaipark)
Jakarta -

Pernah mengalami batuk berdahak yang tidak kunjung berhenti? Bisa jadi itu merupakan salah satu gejala dari pneumonia. Tenang, jangan khawatir, ada sejumlah obat batuk berdahak herbal yang mampu redakan gejala pneumonia.

Dikutip dari Medical News Today, pneumonia merupakan gangguan peradangan pada paru-paru akibat infeksi bakteri yang menyerang saluran pernapasan. Ini adalah kondisi yang serius dan dibutuhkan pertolongan medis untuk menyembuhkannya. Namun, metode pengobatan rumahan tertentu juga dapat membantu meringankan gejala yang dirasakan, terutama batuk berdahak.

Pneumonia dapat terjadi karena berbagai alasan. Misalnya karena penyakit atau infeksi lain, seperti penyakit paru obstruktif kronis, flu, hingga COVID-19.

Berbicara tentang batuk berdahak yang mengganggu sebenarnya bisa diatasi dengan obat herbal. Ada beberapa obat batuk berdahak herbal yang menjadi solusi alternatif dalam meringankan gejala pneumonia.

Obat Batuk Berdahak Redakan Gejala Pneumonia

Jika paru-paru memproduksi lendir ekstra sebagai bagian dari reaksi kekebalan, tubuh akan menggunakan batuk untuk mencoba mengeluarkan cairan ini dari paru-paru, sehingga terjadilah batuk berdahak.

Ada beberapa obat batuk berdahak herbal yang dapat membantu mengurangi tingkat keparahan batuk akibat pneumonia, antara lain:

1. Teh peppermint

Banyak jenis teh herbal yang dapat membantu menenangkan tenggorokan yang gatal, salah satunya adalah peppermint.

Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa peppermint memiliki efek yang dapat melegakan tenggorokan seseorang. Peppermint dapat mengurangi jumlah lendir dan rasa sakit yang disebabkan oleh pneumonia. Peppermint bisa dijadikan teh hangat sebagai obat batuk berdahak herbal.

2. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih juga dapat membantu meredakan batuk berdahak. Selain digosokkan pada leher, minyak kayu putih juga dapat dihirup untuk melegakan pernapasan.

3. Kumur air garam

Lendir di dalam tenggorokan bisa memicu batuk dan iritasi. Berkumur dengan air garam dapat membantu menghilangkan lendir atau kuman di tenggorokan, sehingga dapat meredakan batuk berdahak.

4. Jahe

Jahe dikenal sebagai obat batuk berdahak herbal lainnya. Kandungan antioksidan, antiinflamasi, dan antinosiseptif yang terdapat di jahe berguna untuk melegakan tenggorokan, meredakan nyeri, dan mengurangi peradangan.

Jahe juga bisa bekerja sebagai ekspektoran yang membantu mengeluarkan dahak dari tenggorokan.

5. Jeruk nipis

Obat batuk berdahak herbal yang terakhir adalah jeruk nipis. Selain kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk nipis juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan di tenggorokan.



Simak Video "Peringatan WHO soal Sirup Obat Batuk pada Kasus Kematian Anak Gambia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT