Jumat, 15 Apr 2022 14:45 WIB

Daftar Obat Penurun Panas Anak Alami, Efektif Atasi Demam Akibat COVID-19

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Fever, Close-up medical thermometer, Parent / Father measuring temperature of his ill kid, Asian 3 - 4 years old toddler boy gets high fever lying on bed with cold compress on forehead to cool a fever Obat penurun panas anak alami. (Foto: Getty Images/iStockphoto/yaoinlove)
Jakarta -

COVID-19 bisa menyerang siapa saja, baik anak kecil hingga orang dewasa. Salah satu gejalanya adalah demam. Saat anak sedang demam, tentu ada perasaan waswas sebagai orang tua. Tenang, ada berbagai cara yang efektif menurunkan panas si kecil. Salah satunya adalah dengan menggunakan obat penurun panas anak alami.

Sebenarnya, demam adalah respons sistem imun terhadap infeksi virus COVID-19. Tubuh akan menaikkan suhunya untuk membunuh virus. Kondisi ini tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya dalam 3 hari.

Namun, demam membuat anak terkulai lemas tidak berdaya. Orang tua mana yang tidak panik saat anak demam. Untuk itu, ada beberapa obat penurun panas anak alami yang efektif dan aman digunakan.

Obat Penurun Panas Anak Alami

Dikutip dari Tata Health, ada 5 obat penurun panas anak alami, antara lain:

1. Bawang putih

Biasanya, bawang putih digunakan sebagai bumbu dapur penyedap rasa. Di sisi lain, bawang putih menyimpan segudang manfaat. Salah satunya adalah sebagai obat penurun panas anak alami. Bukan dikonsumsi, melainkan digosok di sekujur tubuh anak.

Caranya, campurkan satu siung bawang putih dengan minyak mustard. Oleskan campuran tersebut pada kaki, telapak tangan, dada, dan punggung anak sebelum tidur dan pijat area tersebut dengan lembut.

Racikan ini membuat tubuh anak mengeluarkan keringat. Tujuannya adalah untuk mengeluarkan racun dan menurunkan demam, juga membantu meringankan rasa sakit di tubuh.

2. Lemon dan Madu

Kombinasi antara lemon dan madu memiliki khasiat sebagai obat penurun panas anak alami. Kandungan vitamin C pada lemon mampu meningkatkan kekebalan tubuh, dan madu memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Perpaduan bahan-bahan tersebut sangat efektif menurunkan demam. Campurkan satu sendok makan madu dan perasan air lemon dalam jumlah yang sama, lalu berikan kepada Si Kecil.

3. Bawang Merah

Sama seperti bawang putih, bawang merah menjadi salah satu obat rumahan yang efektif untuk anak-anak. Penggunaan bawang merah tidak kalah manjur dalam mengurangi demam serta meredakan nyeri tubuh.

Potong dua atau tiga irisan tebal bawang merah, lalu gosokkan pada kaki anak selama beberapa menit sebelum tidur. Ulangi prosesnya dua kali sehari, dan demam akan turun secara perlahan.

4. Teh Chamomile

Teh chamomile adalah obat penurun panas anak alami yang baik. Sajikan teh chamomile untuk anak sekitar dua kali dalam sehari..

5. Jahe

Jahe mampu membunuh bakteri penyebab demam pada anak. Jahe membantu Si Kecil mengeluarkan keringat yang dapat menurunkan panas dan menghilangkan racun di dalam tubuhnya.

Caranya mudah, campurkan sekitar 2 sendok makan bubuk jahe ke bak mandi berisi air hangat.
Aduk secara perlahan hingga tercampur dengan baik. Mandikan Si Kecil yang sakit dengan campuran air jahe hangat. Berkeringat setelah mandi akan mengurangi panas di tubuhnya dan mengeluarkan racun. Jadi, jahe bisa menjadi obat penurun panas anak alami yang efektif.



Simak Video "Dokter Beberkan Gejala Covid-19 yang Kini Sering Muncul Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)