Rabu, 20 Apr 2022 04:41 WIB

7 Cara 'Mengobati' Infeksi Saluran Kemih, Bisa Dilakukan di Rumah

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Young female touching right side of body in pain.  Kidney pain. Isolated on white background. infeksi saluran kencing isk infeksi saluran kemih Infeksi saluran kemih lebih rentan dialami wanita. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri yang berkembang di dalam saluran kencing. Kondisi ini bisa terjadi di kandung kemih, uretra, atau ginjal. Walau terdengar menyeramkan, namun ada cara mengobati infeksi saluran kemih yang bisa dilakukan di rumah.

Infeksi saluran kemih umumnya disebabkan oleh bakteri E.coli, namun tidak menutup kemungkinan dapat terjadi juga akibat chlamydia atau jamur dan virus lainnya.

Infeksi saluran kemih sebenarnya bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan. Namun, perempuan memiliki resiko yang lebih besar terkena penyakit ini. Ini dikarenakan uretra yang terdapat pada perempuan lebih pendek daripada uretra yang terdapat pada pria, sehingga bakteri lebih mudah masuk ke kandung kemih.

Dikutip dari Healthline, gejala infeksi saluran kemih ditandai dengan rasa sakit saat buang air kecil, kemudian timbul rasa ingin buang air kecil terus-terusan, urin berbau tidak sedap, kram perut, hingga demam.

Infeksi saluran kemih yang tidak segera diobati dapat menyebabkan komplikasi gangguan kesehatan lain.

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih di Rumah

Berikut ini adalah 7 cara mengobati infeksi saluran kemih di rumah.

1. Vitamin C

Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan vitamin C dapat menjadi cara mengobati infeksi saluran kemih di rumah. Hal ini dikarenakan vitamin C mampu meningkatkan tingkat keasaman urin, sehingga membunuh bakteri penyebab infeksi.

Konsumsi buah-buahan dan sayuran yang tinggi vitamin C seperti jeruk, kiwi, dan paprika merah sebagai cara mengobati infeksi saluran kemih.

2. Mengonsumsi Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan probiotik yang mengandung bakteri Lactobacillus yang baik untuk kesehatan tubuh. Sebuah studi menemukan bahwa probiotik bisa menjadi cara mengobati infeksi saluran kemih pada wanita dewasa.

Selain yoghurt, probiotik dapat ditemukan pada makanan fermentasi lainnya seperti kefir, kimchi, dan teh kombucha.

3. Mengonsumsi Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antimikroba yang bisa menangkal bakteri E.coli penyebab infeksi saluran kemih.

Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati infeksi saluran kemih.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih secara teratur ternyata juga bisa menjadi cara mengobati infeksi saluran kemih di rumah. Dengan mengonsumsi delapan gelas air putih setiap harinya, dapat menghilangkan bakteri melalui urine.

Infeksi saluran kemih yang terjadi pada perempuan sering dikaitkan dengan rendahnya asupan cairan dan jarang buang air kecil. Dengan demikian, maka tubuh harus tetap terhidrasi, yaitu dengan minum air putih.

5. Minum Jus Cranberry

Selanjutnya, cara mengobati infeksi saluran kemih di rumah adalah dengan minum jus cranberry. Cranberry dapat mencegah masuknya bakteri ke dalam saluran kemih yang menyebabkan infeksi.

Dalam sebuah studi tahun 2016, wanita yang minum 240 mL jus cranberry setiap harinya memiliki resiko yang lebih rendah terkena infeksi saluran kemih.

6. Mengenakan Pakaian yang Longgar

Mengenakan pakaian berbahan katun yang longgar juga bisa menjadi cara mengobati infeksi saluran kemih. Pakaian yang ketat dan jenis kain tertentu bisa menyebabkan kelembaban, sehingga bakteri penyebab infeksi akan tumbuh di daerah genital.

Untuk itu, mengenakan pakaian berbahan katun yang longgar membantu menjaga area genital agar tetap bersih, sehingga bakteri tidak dapat bertahan lama.

7. Menggunakan Kompres Hangat

Kompres hangat bisa menjadi cara mengobati infeksi saluran kemih yang terakhir. Menempelkan kompres hangat dapat meringankan rasa sakit pada area kantung kemih.

Jangan langsung ditempelkan ke kulit, melainkan lapisi dengan kain terlebih dahulu. Gunakan selama 15 menit agar kulit tidak terasa terbakar.



Simak Video "Ahli Wanti-wanti Gelombang Keempat Covid-19 Akan Lebih Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)