Moderna Perbarui Vaksin COVID-19 untuk Lawan Omicron, Hasilnya Memuaskan

ADVERTISEMENT

Moderna Perbarui Vaksin COVID-19 untuk Lawan Omicron, Hasilnya Memuaskan

Firdaus Anwar - detikHealth
Rabu, 20 Apr 2022 06:44 WIB
Vaksin dosin ketiga atau booster diberikan untuk tenaga kesehatan di Puskesmas Cilincing, Jakarta Utara, Senin (9/8). Vaksin yang diberikan adalah vaksin Moderna.
Foto ilustrasi: Pradita Utama
Jakarta -

Moderna dikabarkan telah selesai melakukan uji klinis vaksin COVID-19 yang terbaru. Vaksin yang awalnya dirancang untuk melawan varian Beta dan varian orisinal ini disebut menunjukkan hasil memuaskan dalam menghadapi berbagai varian, termasuk Omicron.

Vaksin terbaru ini diklaim Moderna bisa memberikan efek perlindungan yang lebih baik dan tahan lama bila dibandingkan vaksin awal yang dibuat hanya berdasarkan strain virus COVID-19 orisinal.

Titer antibodi yang dihasilkan untuk varian Omicron bisa lebih tinggi pada 1 dan 6 bulan setelah vaksin diberikan sebagai booster.

Peneliti dari Moderna, Dr Jacqueline Miller, mengatakan sejauh ini belum ada rencana vaksin tersebut diproduksi secara massal. Pihaknya masih berusaha mengembangkan vaksin COVID-19 lain yang khusus untuk varian Omicron dan varian orisinal.

"Keyakinan kami adalah bahwa vaksin bivalen ini, berdasarkan data yang telah kami amati ... menawarkan harapan terbaik untuk perlindungan yang lebih tahan lama," kata Dr Miller seperti dikutip dari Reuters, Rabu (20/4/2022).

Moderna berharap vaksin COVID-19 terbaru yang lebih efektif dapat tersedia sebelum akhir tahun 2022.



Simak Video "Yang Perlu Diketahui soal Booster Kedua Vaksin Covid-19 untuk Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT