Viral Cara Mengatasi Varian COVID-19 BA.2 dan XE dengan Berjemur, Ini Faktanya

ADVERTISEMENT

Viral Cara Mengatasi Varian COVID-19 BA.2 dan XE dengan Berjemur, Ini Faktanya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rabu, 20 Apr 2022 11:37 WIB
Virus Corona Varian Delta Melonjak di RI, Ini Fakta-faktanya
(Foto ilustrasi: Getty Images/loops7)
Jakarta -

Belakangan, beredar informasi di media sosial soal cara mengatasi varian baru Corona BA.2 dan XE di masyarakat. Dalam narasi itu, disebutkan bahwa kedua varian tersebut akan menyebar dan menular dengan cepat, khususnya di negara-negara dengan cuaca dingin.

BA.2 merupakan subvarian dari varian Omicron (BA.1) yang telah menyebar ke banyak negara. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Subvarian yang dikenal sebagai 'Omicron Siluman' ini memiliki perbedaan pada beberapa mutasi, termasuk mutasi pada protein spike.

Untuk varian XE, disebut masih turunan dari varian Omicron. Hal ini membuat penularannya lebih tinggi daripada varian lainnya. Varian ini merupakan rekombinasi dari Omicron BA.1 dan BA.2 yang diyakini 10 persen lebih menular.

Dalam sebuah unggahan di media sosial, terdapat narasi yang menyebutkan beberapa cara untuk mengatasi kedua varian tersebut. Caranya mulai dari berjemur di sinar matahari, mengkonsumsi ramuan-ramuan herbal, serta mengkonsumsi Ivermectin.

Bagaimana Faktanya?

Faktanya, informasi yang beredar tersebut salah atau hoax. Dikutip dari laman Covid19.go.id, juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan sebaran subvarian BA.2, XE, bahkan virus Corona secara keseluruhan tidak ada kaitannya dengan cuaca atau sinar matahari.

Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus B2P2TOOT Kemenkes juga menegaskan belum ada ramuan herbal, baik tradisional maupun modern yang bisa untuk mengatasi virus Corona. Sampai saat ini, itu masih dalam tahap penelitian dan pengembangan.

Sementara terkait Ivermectin, Badan Pengawas Obat dan Makanan telah menyarankan agar tidak membeli dan mengkonsumsi obat tersebut tanpa adanya resep dokter.



Simak Video "Ahli Sebut Varian XE Masih Bagian Dari Keluarga Besar Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT