Rabu, 20 Apr 2022 13:38 WIB

Anak di Bawah 18 Tahun Boleh Mudik Tanpa Tes COVID-19, Asal...

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Mudik jadi momen yang ditunggu untuk berlebaran bersama keluarga di kampung halaman. Meski berbahaya, tak sedikit warga yang membawa anak untuk mudik naik motor. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengeluarkan aturan resmi mengenai ketentuan perjalanan dalam negeri menjelang masa mudik Lebaran 2022. Dalam aturan baru tersebut, anak di bawah 18 tahun tak wajib tes COVID-19 jika mudik.

Disebutkan bahwa PPDN (Pelaku Perjalanan Dalam Negeri) dengan usia 6-17 tahun dan telah menerima vaksin dosis kedua dikecualikan terhadap kewajiban menunjukkan hasil negatif rapid test antigen. Namun mereka wajib menunjukkan sertifikat vaksin kedua.

"PPDN dengan usia 6-17 tahun dan telah menerima vaksin dosis
kedua dikecualikan terhadap kewajiban menunjukkan hasil negatif rapid test antigen, namun wajib melampirkan kartu/sertifikat vaksin dosis kedua," tulis edaran tersebut dilihat detikcom, Rabu (20/4/2022).

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin telah menyampaikan keputusan terkait syarat perjalanan bagi anak usia di bawah 18 tahun. Syarat vaksin booster untuk mudik hanya berlaku bagi warga berusia 18 tahun.

Ia melanjutkan keputusan tersebut telah diambil oleh Presiden RI Joko Widodo bahwa bagi anak-anak di bawah usia 18 tahun tetap bisa mudik tanpa PCR dan Antigen.

"Anak-anak, remaja kalau mau mudik belum divaksinasi nggak apa-apa, tidak usah dites antigen dan PCR. Jadi bisa mendampingi orang tuanya untuk mudik tanpa perlu tes PCR atau antigen asal vaksinasi nya sudah 2 kali," ucap Budi.



Simak Video "Vaksinasi Booster Jadi Syarat Mudik, Sudah Berapa Capaiannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)