Kamis, 21 Apr 2022 04:06 WIB

Round Up

PeduliLindungi Bakal Beri Tanda Khusus untuk Warga yang Sudah Vaksin Booster

Firdaus Anwar - detikHealth
PeduliLindungi Foto ilustrasi: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Aplikasi PeduliLindungi rencananya akan memberi tanda khusus pada warga yang sudah menerima vaksin booster. Chief of Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan RI, Setiaji, mengatakan penerapannya kemungkinan setelah Lebaran 2022.

Seperti yang diketahui, PeduliLindungi saat ini hanya memiliki kode warna untuk menandakan status kesehatan seseorang. Warna hijau untuk yang sudah divaksinasi lengkap dan bukan kontak erat kasus COVID-19, kuning bagi yang vaksinasinya belum lengkap, merah untuk yang belum pernah vaksinasi, dan hitam untuk kontak erat atau pasien positif COVID-19.

Nah ke depannya menurut Setiaji akan ada status baru di PeduliLindungi.

"Kita masih riset ya, karena nanti untuk edukasi lagi nih merah, kuning, hijau gitu. Tapi kita nggak melihat ke situ sih, jadi paling kita kasih tanda aja bagi yang sudah booster, bintang atau apa gitu. Tapi warna tetap sama," tutur Setiaji, ditemui detikcom, Rabu (20/4/2022).

Setiaji menjelaskan bahwa perubahan pada status penerima vaksin COVID-19 booster tersebut untuk saat ini tidak akan berpengaruh apa-apa pada kebijakan aktivitas di ruang publik.

"Nggak ada sih, tetap sama aja," pungkasnya.

Dikutip dari data vaksin Kemenkes RI, total cakupan vaksinasi booster atau dosis ketiga per Rabu (20/4) pukul 18:00 WIB sudah mencapai 15,57 persen atau sekitar 32 juta orang. Sementara dosis pertama mendekati angka 100 persen yakni 95,33 persen dan vaksinasi dosis kedua mencapai 78,38 persen dari target.



Simak Video "Cara Cek Jadwal-Lokasi Vaksin Booster di PeduliLindungi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)