Kamis, 21 Apr 2022 09:00 WIB

Konsultasi Kesehatan

Sering Sesak Napas Saat Malam Dingin, Kira-kira Kenapa Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
A young doctor is standing and looking at the lungs image at the blurred hospital room background. The concept of medical service, diagnosis and treatment. Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis
Jakarta -

Pertanyaan:

Halo Dok saya mau tanya, kenapa ya setiap malam dan dingin dada kiri saya terasa berat serta sesak napas.

Saya pernah didiagnosis kena bronkitis asma dan bronkitis alergi, itu kira-kira kenapa ya Dok? Apakah ini karena penyakit asma saya? Bagaimana cara mengatasinya? Sekian terima kasih.

Hiraishin (Pria)

Jawaban:

Untuk kondisi bapak/ibu perlu pemeriksaan lebih lanjut karena kemungkinan bisa disebabkan asma yang kambuh.

Jika Bapak/Ibu sudah mengkonsumsi obat asma dan masih tetap bergejala, maka Bapak/Ibu memerlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti foto rontgen dada dan memeriksakan diri ke dokter spesialis paru.

Dr dr M Harun Iskandar, SpPD, SpP
Spesialis Penyakit Dalam dan Spesialis Paru Primaya Hospital Makassar

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Pakar Sebut Pasien Omicron Jarang Anosmia dan Sesak Napas"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)