ADVERTISEMENT

Kamis, 21 Apr 2022 12:00 WIB

Mau Digratiskan, Berapa Sih Harga Vaksin Kanker Serviks Kalau Suntik Sendiri?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Young doctor giving COVID 19 vaccine to young woman at home Foto: Getty Images/iStockphoto/MJimages
Jakarta -

Vaksin HPV untuk pencegahan kanker serviks akan diwajibkan pemerintah. Vaksin HPV akan diwajibkan dalam program kegiatan Bulan Imunisasi Anak sekolah (BIAS).

Banyak pihak yang sangat mendukung rencana pemerintah menggratiskan vaksin HPV, terlebih prevalensi kanker serviks di Indonesia cukup tinggi. Sebenarnya berapa sih harga vaksin HPV untuk cegah kanker serviks?

"Aku kemarin di Siloam, 1 paket Rp 2,5 jutaan tiga kali suntik. Kalau nggak salah aku Gardasil (merek vaksin HPV buatan Merck)," kata Indah (27), karyawan BUMN di Bogor, saat dihubungi detikcom, Kamis (21/4/2022).

Indah bercerita harga vaksin HPV akan jauh lebih murah jika diambil dalam bentuk paket. Jarak suntik vaksin HPV yakni bulan pertama, kedua, dan keenam.

Dia juga bercerita tidak mengalami efek samping yang parah saat menerima vaksin HPV. Hanya nyeri di bagian lengan setelah vaksinasi dosis ketiga.

"Yang pertama ngga ada (efek samping). Kedua ketiga lengannya sakit ya kayak habis disuntik gitu. Cuma itu aja sih," beber Indah.

Tak jauh berbeda, Suci (26), mengatakan berniat mengambil vaksin HPV sebagai bentuk pencegahan dan memperbaiki gaya hidupnya. Saat divaksin, ia tak membayar sepeserpun karena ditanggung kantornya.

"Cuma harganya itu sekitar Rp 1,1 per dosis, tiga kali suntik," beber wanita yang berprofesi sebagai karyawan BUMN di Jayapura ini.

Suci juga mengatakan tidak ada efek samping serius yang ia rasakan saat menerima dosis vaksin HPV.

Dikutip dari laman CDC, sama seperti vaksin lainnya, vaksin HPV memiliki sejumlah efek samping namun cenderung ringan, seperti:

  • Nyeri atau bengkak di lengan tempat suntikan
  • Demam
  • Pusing
  • Mual
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan, vaksin HPV akan masuk vaksin wajib sehiingga bisa diakses gratis meski terbatas untuk kelompok tertentu. Bagaimana kalau menurut detikers, perlukah vaksin HPV digratiskan? Tuliskan jawaban di komentar ya.



Simak Video "Simak! Penjelasan Kemenkes soal Program Vaksin Kanker Serviks Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT