ADVERTISEMENT

Kamis, 21 Apr 2022 13:30 WIB

Nyaris 100 Persen Warga RI 'Kebal' COVID-19, Sudah Boleh Copot Masker?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Vakinasi massal lanjutan atau dosis ketiga mulai gencar dilakukan. Salah satunya di Kota Bekasi, tepatnya di Stadion Patriot Candrabhaga. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Nyaris 100 persen warga di Jawa-Bali sudah memiliki antibodi COVID-19. Antibodi ini didapatkan baik dari vaksinasi atau infeksi alami.

Hasil tersebut didapat dari sero survei kerja sama Kementerian Kesehatan RI dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) di 21 kabupaten/kota Jawa Bali. Secara umum, terjadi peningkatan proporsi penduduk yang memiliki antobodi Sars-COV-2 sebesar 6,2 persen, yakni 94,5 persen pada Desember 2021 dan 99,6 persen di Maret 2022.

Dengan kadar antibodi yang terbilang tinggi, pakar Epidemiologi dari Universitas Indonesia Pandu Riono sekaligus peneliti sero survey tersebut mengatakan belum saatnya melonggarkan aturan pakai masker.

"Bukan berarti lepas masker, yang ada malah peningkatan kasus lagi. Lonjakan kasus di China karena vaksinasi lansia tidak sebaik di Indonesia. Kita konsisten terus pada lansia," katanya dalam konferensi pers daring, Rabu (20/4/2022).

Dalam kesempatan yang sama, peneliti sero survei COVID-19 lainnya Muhammad N Farid menanggapi kemungkinan terjadinya peningkatan kasus di tengah banyak warga 'kebal' COVID-19.

Farid tak bisa memungkiri kasus COVID-19 bisa saja kembali meningkat. Hal ini berkaca pada apa yang terjadi di sekitar Februari hingga Maret 2022, khususnya DKI Jakarta. Provinsi tersebut kembali melaporkan lonjakan kasus saat banyak warga memiliki antibodi COVID-19.

"Intinya adalah peningkatan antibodi tidak serta merta menurunkan terjadinya infeksi. Infeksi pasti masih akan terjadi, di DKI pada bulan Maret lalu misalnya (terjadi peningkatan). Meskipun Desember antibodinya meningkat, tetapi kasusnya akhirnya juga meningkat juga," ungkap Farid.



Simak Video "Kasus Harian Covid-19 Jepang Tembus 100.000"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT