Minggu, 24 Apr 2022 17:24 WIB

Buka Puasa Langsung Minum Kopi, Asam Lambung Aman?

Tasya Kania Azzahra Choerunisa - detikHealth
Fresh Coffee in a small caffe Langsung minum kopi saat buka puasa (Foto: iStock)
Jakarta -

Siapa yang tidak kenal dengan kopi? Salah satu minuman yang sering dijadikan penghalang rasa kantuk ini ternyata juga sering dijadikan menu berbuka puasa bagi pecinta kopi. Mungkin kamu salah satunya.

Selain menghilangkan rasa kantuk, kandungan kafein dalam kopi juga bisa meningkatkan suasana hati, fungsi otak, dan membangkitkan energi untuk beraktivitas.

Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan Jennifer L Temple dan rekan-rekannya pada tahun 2017, kopi menduduki peringkat kedua tertinggi yang dikonsumsi oleh banyak orang di beberapa negara, setelah air putih.

Namun apakah kopi aman diminum saat berbuka puasa atau ketika perut sedang kosong?

Dikutip dari laman Healthline, ada penelitian yang menunjukkan kopi dapat merangsang asam lambung. Sehingga, apabila diminum saat perut kosong dapat membuat perut sakit, bahkan bisa menyebabkan gangguan usus seperti sindrom iritasi usus besar.

Jadi, kopi yang diminum setelah waktu berbuka puasa dan perut kosong bisa membuat perut mulas, mual, maag, dan membuat gangguan pencernaan.

Banyak ahli yang berpendapat minum kopi saat perut kosong juga bisa berbahaya karena tidak adanya makanan lain yang hadir untuk mencegah asam dari kafein yang dapat merusak lapisan perut.

Sehingga, cara aman minum kopi saat berbuka dengan aman adalah dengan mengonsumsi makanan yang cukup terlebih dahulu, agar perut tidak terlalu kosong.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)