Senin, 25 Apr 2022 07:57 WIB

Obat Asal Jepang Disebut Bisa Cepat Bersihkan Tubuh dari Virus Corona

Vidya Pinandhita - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal
Jakarta -

Pengobatan eksperimental dari Shionogi & Co Ltd di Jepang disebut telah membuat obat yang bisa membersihkan tubuh dari virus Corona secara cepat. Obat tersebut berbentuk pil bernama S-217622.

Hal itu disampaikan dalam data yang dipublikasikan pada Minggu (24/4/2022).

"(Pil S-217622) menunjukkan pembersihan cepat dari virus SARS-CoV-2 yang menular", kata Shionogi dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters, Senin (25/4).

"Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam skor total 12 gejala COVID-19 antara kelompok pengobatan meskipun obat tersebut menunjukkan peningkatan dalam skor gabungan dari lima gejala pernapasan dan demam," sambung Shionogi.

Pada Maret, produsen obat tersebut mengatakan bakal meluncurkan uji coba Fase III obat tersebut di seluruh dunia, dengan dukungan pemerintah Amerika Serikat. Kepala Eksekutif Isao Teshirogi meyakini produksi obat tersebut dapat mencapai 10 juta dosis per tahun.

Saham Shionologi sempat naik-turun akibat spekulasi perihal keberhasilan pengobatan. Namun, saham produk obat tersebut naik pada Jumat (22/4) setelah pemerintah AS melaporkan, pihaknya tengah dalam pembicaraan untuk memperoleh pasokan obat tersebut.

Pada 13 April, saham Shionologi menurun hingga 16 persen imbas kemunculan laporan bahwa obat tersebut dapat menimbulkan risiko bagi ibu hamil. Hal itu mengacu pada data praklinis.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)