Senin, 25 Apr 2022 18:00 WIB

Bagaimana Cara Mengatasi Begah Usai Buka Puasa? Ini Saran Dokter

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi Perut Kembung Foto: Shutterstock
Jakarta -

Saat berbuka puasa disarankan mengonsumsi kudapan ringan terlebih dahulu agar perut yang sebelumnya kosong berjam-jam tidak 'kaget'. Namun, kadang ada saja di antara kita yang kalap mengonsumsi hidangan saat berbuka hingga akhirnya muncul rasa begah.

Nah perasaan begah ini tentunya tidak nyaman dan dapat mempengaruhi aktivitas ibadah di malam hari. Bila sudah terlanjur begah, apa yang harus dilakukan?

Spesialis kesehatan pencernaan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, menjelaskan begah biasanya muncul karena penumpukan gas di perut. Ini bisa terjadi karena terlalu banyak udara yang masuk ke rongga perut akibat banyak menelan atau hasil metabolisme pencernaan makanan itu sendiri oleh asam lambung.

"Bisa saja di dalam perut isinya gas semua makanya jadi gampang begah," kata dr Ari beberapa waktu yang lalu.

Bila sudah merasakan begah, dr Ari menyarankan mengonsumsi obat untuk mengatasi kelebihan gas dalam perut yang dijual bebas.

Saat berbuka puasa seseorang bisa mulai mengisi perut dengan memakan kurma atau minum teh manis. Setengah jam kemudian minum obat mag guna menurunkan asam lambung.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)