Selasa, 26 Apr 2022 06:29 WIB

Pengidap Diabetes, Hipertensi, dan Jantung Boleh Makan Sate Kambing, Asal...

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Nyuss! Ini 5 Sate Kambing Khas Solo yang Terkenal Enak di Depok Sate Kambing. (Foto: Getty Images/iStockphoto/TaufikC)
Jakarta -

Banyak orang, terutama mereka yang memiliki riwayat penyakit, selalu was-was ketika ingin menyantap sate kambing. Kabar baiknya, pengidap diabetes, hipertensi, dan jantung boleh-boleh saja makan sate kambing.

Ketua Satgas Ikatan Dokter Indonesia, Prof Zubairi Djoerban, mengatakan pasien jantung boleh saja mengonsumsi daging kambing, selama penyakitnya sudah diobati dan terkontrol.

"Kalau penyakit jantungnya sudah diobati, misalnya dipasang ring atau operasi bypass, dan kejadiannya lebih dari 4 bulan, jawabannya boleh. Apalagi jika sudah bisa olahraga teratur dan terkontrol," ujar Prof Zubairi dalam cuitannya yang dikutip detikcom, Selasa (26/4/2022).



Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini mengatakan ukuran terkontrol pasien penyakit jantung salah satunya jika tak masalah ketika naik tangga sampai lantai tiga gedung. Lalu, dia juga bisa olahraga jalan cepat dan naik sepeda sejauh 3 km.

Sementara itu bagi pasien diabetes dan hipertensi, daging kambing tetap boleh dikonsumsi asal pada diabetes, nilai hemoglobin A1c dalam tesnya terkontrol dengan baik, dengan nilai kurang dari 6,5.

"Untuk hipertensi juga sama. Asal terkontrol. Misalnya tekanan darahnya 135/85. Ya boleh saja makan sate kambing," jelasnya.

Namun Prof Zubairi memberi catatan, syarat konsumsi daging kambing bukan hanya terkontrol. Pasien yang mengidap penyakit tersebut juga harus rutin makan sayur dan buah serta disiplin olahraga.



Simak Video "Cara Mengetahui Status Gizi, Kamu Termasuk Normal atau Obesitas?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)