ADVERTISEMENT

Selasa, 26 Apr 2022 19:30 WIB

Viral Tes Kondisi Kesehatan Mental Google Form di TikTok, Seakurat Apa Sih?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilustrasi karyawan stres karena pekerjaan. Ilustrasi seseorang tengah mengalami stres. (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Baru-baru ini viral tes kondisi kesehatan mental google form yang tersebar di media sosial TikTok. Link tes kondisi kesehatan mental tersebut mencantumkan beberapa pertanyaan terkait kondisi psikis di beberapa hari terakhir, contohnya apakah sering muncul rasa cemas dan kerap merasa tidak aman.

Jawaban dari pertanyaan yang diajukan dalam link tes kondisi kesehatan mental google form ini menjadi skor atau poin untuk penilaian. Jika poin dari hasil tes semakin tinggi, dikategorikan yang bersangkutan cenderung depresi.

Sementara bila poin dari hasil tes kondisi kesehatan mental google form cenderung rendah, diklaim kondisi stabil atau 'hanya' stres ringan. Memangnya tes semacam ini akurat?

Menurut psikolog klinis Nuzulia Rahma Tristinarum dari Pro Help Center, tes kondisi kesehatan mental secara daring boleh-boleh saja dilakukan. Namun, ada banyak link tes kesehatan mental yang sebenarnya tidak teruji validitas dan reliabilitasnya.

"Tes yang beredar di online itu, ada yang masih perlu dicek lebih lanjut karena ada tes yang hanya sekadar untuk iseng iseng saja, yang dibuat tidak berdasarkan cara pembuatan alat tes yang ilmiah," pesan Rahma saat dihubungi detikcom Selasa (26/4/2022).

Ada dua cara membedakan tes kesehatan mental daring abal-abal dengan yang tidak. Menurut Rahma, wajib untuk mengetahui lembaga atau pakar penyedia tes kesehatan mental tersebut.

"Siapa yang memberikannya? misalnya nama lembaganya, adakah pakar seperti psikolog dan psikiater yang bertanggung jawab terhadap tes tersebut?" sebut Rahma.

"Pada masa sekarang, ada kok tes psikologi yang dilakukan secara online, namun tetap perlu dicari tahu dua hal tadi. Siapa pakar yang bertanggung jawab dan nama lembaga yang memberikan tes," tandas dia.

Sementara dalam tes kesehatan mental google form yang viral beredar di TikTok tidak tertera nama lembaga maupun pakar yang membuat link terkait.



Simak Video "Wanti-wanti Spesialis Kejiwaan soal Gangguan Mental"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT