Jokowi Isyaratkan Kapan Lepas Masker di Luar Ruangan, RI Bersiap Endemi?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rabu, 27 Apr 2022 10:00 WIB
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Presiden Joko Widodo menyebut tahapan transisi pandemi menuju endemi harus dilakukan dengan hati-hati. Meski tren kasus COVID-19 rendah, pemerintah memilih tidak terburu-buru melonggarkan aturan protokol kesehatan COVID-19 seperti banyak negara yakni mencopot masker.

Ia mengisyaratkan butuh waktu pemantauan enam bulan ke depan untuk melihat situasi cukup aman melepas masker.

"Saya tidak ingin kayak negara-negara lain, langsung buka masker. Ini mesti ada transisi kira-kira enam bulan. Kami lihat seperti apa. Baru nanti silakan kalau di luar ruangan buka masker, kalau di dalam ruangan masih pakai masker, ada tahapan," jelas Jokowi, dikutip dari keterangan resmi Satgas COVID-19.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi belum bisa memastikan kapan perkiraan pelonggaran tersebut persisnya dilakukan. Namun, hal itu tengah menjadi pembahasan utama bersama para pakar.

"Masih dikaji para ahli epidemiologi," terang dia saat dihubungi detikcom pada Rabu (27/4/2022).

dr Nadia sempat mengatakan ada sejumlah indikator yang menjadi penilaian pemerintah memasuki fase transisi menuju endemi. Salah satunya sebagian besar wilayah sudah memasuki transmisi komunitas pada level 1 dengan minimal cakupan vaksinasi mencapai 70 persen dari populasi Indonesia.

"Laju penularan yang kita ukur dengan angka reproduksi kurang dari 1, dalam kurun waktu tertentu. Jadi ini adalah beberapa hal yang menjadi indikator kita, dalam rangka menuju situasi endemi," bebernya.



Simak Video "Studi AS Ungkap Covid-19 Memperparah Kerusakan Otak Jangka Panjang"

(naf/up)
Berita detikcom Lainnya
Berita Terpopuler

Video

Foto

detikNetwork