ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Apr 2022 17:33 WIB

7 Makanan Kaya Air Ini Bantu Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Saat Buka Puasa

Tasya Kania Azzahra - detikHealth
Ilustrasi Menu Buka Puasa (Foto ilustrasi: Shutterstock)
Jakarta -

Rasanya meminum es buah saat berbuka puasa itu menyegarkan dan juga bisa menghilangkan dahaga setelah berpuasa lebih dari setengah hari.

Namun, daripada mengonsumsi es buah yang mengandung banyak gula tambahan, lebih baik mengonsumsi makanan sehat seperti buah untuk mengembalikan cairan tubuh setelah berpuasa.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 7 makanan kaya air yang sangat cocok disantap untuk berbuka puasa.

1. Semangka

Buah yang satu ini memang memiliki kadar air yang cukup banyak, yaitu 92 persen air. Selain rasanya enak dan manis, semangka juga merupakan buah yang kaya akan energi. Sehingga sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa.

2. Yoghurt

Dikutip dari Healthline, yogurt memiliki kandungan air sebanyak 88 persen. Selain menyehatkan, yoghurt juga dapat memenuhi cairan tubuh. Tidak hanya itu, yoghurt bisa menjadi pilihan bagi yang ingin berdiet saat puasa.

3. Stroberi

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Rasanya yang manis dan asam menjadikan buah stroberi memiliki banyak penggemar, ternyata stroberi juga memiliki kandungan air sebanyak 91 persen yang cukup untuk menghilangkan dahaga setelah berpuasa.

4. Jeruk

Buah yang tidak kenal musim ini bisa menjadi pilihan sebagai menu buka puasa untuk memenuhi cairan tubuh. Selain itu jeruk juga kaya akan vitamin C, potassium, dan antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit.

5. Nanas

Buah berwarna kuning yang memiliki 87% kandungan air ini juga tidak boleh dilewatkan. Bahkan satu cangkir nanas mengandung 79% vitamin C.

6. Blewah

Saat bulan Ramadan, blewah juga merupakan buah yang sering dijumpai. Tidak hanya menyegarkan, kandungan air dalam satu buah blewah cukup tinggi mencapai 90% dan buah ini juga kaya akan serat.

7. Tomat

Perlu diingat tomat masuk ke dalam buah-buahan, di antara buah yang lain tomat memilili kandungan air paling tinggi yaitu 94 persen dan juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Eureka!
×
Selamat Tinggal BBM
Selamat Tinggal BBM Selengkapnya