Senin, 25 Apr 2022 17:39 WIB

Minuman yang Tak Disarankan Buat Buka Puasa, Malah Bikin Tambah Haus!

Rosiana Muliandari - detikHealth
Minum Kopi untuk Cegah Inflamasi Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Selama berpuasa di bulan Ramadan ini, selain perut akan kosong seharian, tubuh juga akan kehilangan kadar cairan yang banyak.

Tubuh manusia terbuat dari 60 hingga 70 persen cairan dan saat cairan itu dikurangi, sel dan saraf tubuh berpotensi untuk tidak bekerja secara maksimal.

Bahkan, kekurangan cairan tubuh akan dapat menyebabkan dehidrasi yang akan membawa efek samping seperti pusing, konstipasi, hingga kulit kering.

Maka dari itu, sangat penting untuk seseorang berbuka puasa dengan minuman yang tepat untuk kembali menghidrasi tubuh. Dikutip dari Emirates 24/7, berikut jenis-jenis minuman yang harus dihindari saat berbuka.

Kopi dan Teh

Teh sering menjadi kesukaan banyak orang untuk diminum saat membatalkan puasa. Tidak hanya itu, kopi juga dapat menjadi salah satu pilihan.

Namun, meminum terlalu banyak teh dan kopi saat berbuka dapat membawa beberapa dampak negatif bagi tubuh. Hal ini karena kadar kafein dalam kedua minuman tersebut dapat malahan mengurangi cairan tubuh dan meningkatkan rasa haus!

Selain itu, kopi dan teh merupakan minuman yang dapat dibuat menjadi manis dengan gula tambahan. Dengan adanya gula tersebut, rasa lapar akan lebih cepat kembali lagi karena dicerna dengan terlalu cepat.

Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk meminum kopi di waktu yang tepat.

Contohnya seperti Nour Zibdeh, seorang ahli diet dan spesialis kesehatan pencernaan asal Virginia, yang mengonsumsi kopi demi dapat melangsungkan ibadah dan bersosialisasi hingga larut malam.

"Saya mencoba untuk mengonsumsi kopi setelah berbuka pada jam 8 malam," katanya, seperti dikutip dari Buzzfeed.

Kemudian, para pencinta kafein dapat mencoba mengurangi asupan kafein satu hingga dua minggu sebelum Ramadan tahun depan. Cara ini demi mengurangi potensi pusing yang dapat disebabkan karena tidak minum kopi selama berpuasa nantinya.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda sering juga menjadi beberapa minuman yang disuguhkan saat berbuka. Namun, minuman ini lebih baik dihindari.

Hal itu karena minuman bersoda dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan dapat menurunkan kualitas sistem pencernaan.

Selain itu, terlalu banyak minum minuman bersoda juga dapat menunda proses pencernaan.

Lalu, apakah minuman yang terbaik?

Jawabannya adalah air putih, buah-buahan, jus tanpa gula tambahan, dan sayuran kaya kandungan air. Air kelapa juga dapat menjadi pengganti air putih saat berbuka karena kandungan elektrolit yang baik.

Selain dapat membantu menghidrasi tubuh, minuman dan makanan tersebut lebih sehat dibandingkan dengan minuman kaya kafein dan minuman bersoda.

Namun, perlu diingat juga untuk tidak meminum air putih terlalu banyak saat memulai berbuka agar tidak menimbulkan rasa kembung dan gangguan pencernaan.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)