Kamis, 28 Apr 2022 04:00 WIB

Cuma 30 Menit Istirahat di Rest Area? Daripada Ngopi, Dokter Sarankan Ini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Suasana di rest area KM 57 Tol Japek, Rabu (27/4/2022) malam Foto: Suasana di rest area KM 57 Tol Japek, Rabu (27/4/2022) malam (Yogi Ernes/detikcom)
Topik Hangat Mudik Sehat 2022
Jakarta -

Istirahat di jalur peristirahatan atau rest area disebut dibatasi 30 menit. Kebijakan ini disebutkan bakal berlaku selama masa mudik lebaran.

Praktisi kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran dr Andreas Prasadja mengatakan pemudik harus bisa memaksimalkan waktu tersebut untuk beristirahat penuh demi bisa melanjutkan mudik agar aman dan lancar. Tidak memaksakan diri jika sudah lelah apalagi mengantuk.

"Orang kalau ngantuk ya istirahat. Obatnya ngantuk ya tidur. Sementara masyarakat kita, kalau sepet dikit, langsung ngopi," kata dr Ade, sapaannya, saat dihubungi detikcom, Rabu (27/4/2022).

Ia juga mengingatkan pengendara perlu istirahat 2-3 jam setelah mengemudi. Selain itu, jika membawa kendaraan pribadi, pemudik harus memastikan istirahaat cukup agar tetap bugar selama perjalanan.

Jangan memaksakan diri untuk mengemudi. Kalau memang sudah merasa harus istirahat, istirahatlah dan manfaatkan tempat yang tersedia.

"Pengendara itu perlu istirahat 2-3 jam. Kalau ngantuk, tidur. Jangan cuma berhenti (di rest area) untuk ngerokok atau ngopi," bebernya.



Simak Video "Catat! Syarat Perjalanan Periode Ramadan-Mudik Lebaran 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
Topik Hangat Mudik Sehat 2022