Kamis, 28 Apr 2022 09:10 WIB

Makan Banyak Daging saat Lebaran? Begini Biar Kolesterol Nggak 'Nanjak'

Tasya Kania Azzahra - detikHealth
Ilustrasi kumpul keluarga Lebaran Makan terlalu banyak daging picu kolesterol tinggi. (Foto: Getty Images/ibnjaafar)
Jakarta -

Opor dan rendang adalah jenis makanan yang sering tersaji di meja makan saat Idul Fitri, dengan campuran santan yang gurih membuat makanan ini sering membuat orang lahap untuk memakannya.

Bahkan, saking lahapnya sampai tidak sadar jika opor dan rendang yang dimakan berlebihan dan menyebabkan kolesterol naik.

"Sumbangan kalori terbesar saat makan makanan hari raya adalah asupan lemak. Opor, rendang, dna sayur godog itu kan banyak lemaknya karena dimasak dengan santan," ucap dr Juwalita Surapsari, dokter gizi di Rumah Sakit Pondok Indah, Rabu (20/04/2022).

Padahal lemak yang dibutuhkan dalam menjaga pola makan yang sehat itu adalah maksimal 30 persen, lebih dari itu bisa membuat kolesterol nanjak.

Lalu, bagaimana menjaga kolesterol setelah banyak makan daging saat lebaran?

"Waktu kita makan daging itu harusnya didampingi dengan serat sayuran entah itu acar atau lalap, karena serat dalam sayuran itu bisa menyerap kolesterol di makanan kita," sarannya.

Namun, jika sudah terlanjur banyak makan daging, dr Juwalita mengingatkan untuk besok harinya harus kembali ke pola makan yang sehat, perbanyak mengkonsumsi protein seperti ikan, telur, dan ayam tanpa kulit.

Tidak hanya kembali kepada pola makan yang sehat, ia juga menyarankan untuk menjalankan rutinitas seperti biasa.

"Kembali lagi kepada rutinitas kita pada hari sebelum lebaran. Meskipun ada cuti tetap harus bergerak," kata dr Juwalita mengingatkan.

Selain itu, dr Juwalita juga menyarankan untuk memasak santan tidak terlalu kental karena santan yang kental memiliki kepadatan kalori yang kuat, yang dapat menyebabkan kolesterol cepat meningkat.



Simak Video "Cara Mengetahui Status Gizi, Kamu Termasuk Normal atau Obesitas?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)