ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Apr 2022 13:46 WIB

4 Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh, Nggak Perlu Obat!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
5 Cara Menurunkan Kolesterol Melalui Pola Makan Buah penurun kolesterol paling ampuh (Foto: iStock)
Jakarta -

Ada sejumlah buah penurun kolesterol paling ampuh yang bisa dikonsumsi. Pasalnya, selain obat, buah-buahan juga diklaim bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh loh.

Sebagaimana diketahui, kolesterol merupakan molekul lipid yang dapat ditemukan di dalam darah, entah itu kolesterol jahat maupun baik. Umumnya kolesterol berguna untuk mencerna makanan, memproduksi hormon, dan menghasilkan vitamin D.

Terdapat dua jenis kolesterol di dalam tubuh, yaitu low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Jumlah LDL atau kolesterol jahat yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung. Itu sebabnya pemilihan makanan sangat penting dilakukan bagi pengidap kolesterol.

Daripada keseringan mengkonsumsi obat-obatan yang mungkin ada efek sampingnya, pengidap juga bisa mengkonsumsi buah-buahan sebagai obat alami untuk menurunkan kolesterol.

Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh

Dikutip dari berbagai sumber, berikut buah penurun kolesterol paling ampuh yang bisa dikonsumsi.

1. Apel

Buah penurun kolesterol paling ampuh pertama adalah apel. Buah ini memiliki kandungan serat larut yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, peserta penelitian yang makan 550 gram apel sehari memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah.

Meskipun begitu, efek ini tidak terlihat pada peserta penelitian yang mengkonsumsi jus apel bening karena seratnya dihilangkan.

2. Alpukat

Selain untuk diet, alpukat juga diklaim sebagai buah penurun kolesterol paling ampuh loh. Pasalnya, buah ini memiliki lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh.

"Apa pun dengan alpukat akan memiliki rasio lemak tak jenuh tunggal versus tak jenuh ganda yang sangat baik," Emily Schmidt, RDN, ahli diet dari Mayo Clinic.

"terlalu banyak hanya lemak tak jenuh ganda yang dapat menurunkan kolesterol baik [HDL] Anda juga," lanjutnya.

Meski bisa dimakan langsung, alpukat juga bisa dikonsumsi dengan campuran bahan lainnya, seperti menggunakan minyak alpukat dalam masakan, menjadikannya salad, hingga sandwich.

3. Berry

Buah berry, seperti blackberry, blueberry, raspberry, delima, dan stroberi juga diklaim sebagai buah penurun kolesterol paling ampuh. Pasalnya, buah-buahan ini mengandung kaya akan serat larut dan rendah gula yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

4. Buah lainnya

Adapun buah lainnya yang juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh, seperti pisang, jeruk, pir, dan plum, lantaran memiliki kandungan tinggi serat larut yang membantu mencegah saluran pencernaan menyerap kolesterol.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT