Kamis, 28 Apr 2022 20:30 WIB

Ratusan Alumni Satu SMA di AS Kena Tumor Otak, Apa Penyebabnya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Doctor and patient using digital tablet Foto: iStock
Jakarta -

Kasus aneh dilaporkan terjadi di Amerika Serikat (AS). Ada ratusan orang yang mengidap penyakit tumor otak, semuanya berlatar belakang dari SMA yang sama.

Colonia High School di New Jersey, AS, kini dalam investigasi terkait dugaan adanya kluster kanker. Otoritas setempat melakukan tes radiasi di gedung-gedung dan lingkungan sekolah untuk menentukan apakah ada hal yang bisa menjadi pemicu kanker.

"Tidak perlu ditanya lagi, ini adalah sesuatu yang perlu diselidiki," komentar epidemiolog Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Elizabeth A Platz, seperti dikutip dari Live Science, Kamis (28/4/2022).

Kasus tumor otak misterius pertama kali diungkap oleh salah satu alumni bernama Al Lupiano yang berprofesi sebagai peneliti lingkungan. Ia awalnya didiagnosis mengidap tumor otak pada tahun 1999, kemudian berhasil sembuh. Beberapa tahun kemudian istri dan adiknya yang juga lulus dari SMA yang sama didiagnosis mengidap tumor otak.

Lupiano kemudian mencari para alumni lain dan awalnya menemukan 15 kasus tumor otak. Kini penelitian Lupiano sudah berkembang dengan total sudah ada 115 orang alumni yang terdiagnosis.

"Bila memang ada paparan (penyebab kanker -red) yang unik, kita akan melihat jenis kanker unik," kata Elizabeth.



Simak Video "Marshanda Idap Tumor Payudara, Kini Jalani Pengobatan di Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)