Jumat, 29 Apr 2022 17:25 WIB

Penting! 5 Kebiasaan Tak Sehat Ini Sebaiknya Dihindari saat Berbuka Puasa

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jadwal buka puasa Depok hari ini sudah bisa dicek. Melansir dari situs Bimas Islam Kemenag, berikut jadwal buka puasa Depok hari ini 30 April 2022. Foto: Getty Images/brightstars
Jakarta -

Selama bulan Ramadan, berbuka puasa menjadi momen paling ditunggu-tunggu setiap harinya. Selain menyantap makanan enak yang tersedia, berbuka puasa juga menjadi suatu momen untuk berkumpul dengan keluarga.

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi dan sehat tentunya sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. Hanya saja rasa lapar yang ditahan selama kurang lebih 14 jam lamanya membuat seseorang jadi "lapar mata". Hal inilah yang memicu seseorang jadi menerapkan kebiasaan tak sehat.'

Apabila kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus, justru bisa berdampak pada kesehatan tubuh dan membuat ibadah puasa menjadi tidak efektif. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 kebiasaan tak sehat yang harus dihindari.

1. Terlalu banyak konsumsi makanan manis

Ketika berbuka puasa, mengkonsumsi makanan dan minuman manis berguna untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa di dalam tubuh.

Namun, kebanyakan orang sering kali mengkonsumsi terlalu banyak manis. Akibatnya, ini bisa memicu risiko naiknya berat badan dan penyakit diabetes.

2. Terlalu banyak makan takjil

Takjil merupakan makanan wajib yang harus ada saat berbuka puasa. Namun, kebanyakan mengkonsumsi takjil, seperti gorengan, kolak, maupun es buah justru tidak baik untuk kesehatan loh. Pasalnya, makanan takjil tersebut mengandung lemak yang tidak sehat dan bisa memicu obesitas.

3. Lupa minum air putih

Sejumlah orang mungkin merasa telah cukup terhidrasi dengan minuman manis, seperti es teh manis. Meski minuman ini memang menggiurkan untuk melepas dahaga, kebiasaan ini sebenarnya tidak sehat.

Oleh karena itu, ada baiknya mengkonsumsi air putih untuk memenuhi cairan yang hilang setelah seharian berpuasa. Pasalnya, air putih merupakan sumber utama cairan untuk menghidrasi tubuh.

4. Makan terburu-buru

Kebiasaan ini biasanya dapat berdampak buruk bagi kesehatan, seperti meningkatkan risiko diabetes, obesitas, sindrom metabolik, tersedak, hingga gangguan pencernaan. Sebaiknya, hindari makan terburu-buru saat buka puasa ya.

5. Kalap atau makan berlebihan

Hindari juga kalap saat berbuka puasa yang kerap dilakukan. Pasalnya, makan berlebihan saat berbuka bisa menyebabkan timbulnya berbagai masalah, seperti kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih banyak hingga meningkatkan risiko obesitas.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)