ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Apr 2022 17:31 WIB

Biar Jantung Tetap Sehat, Hindari Buka Puasa dengan Makanan Ini

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Harga Gorengan di Tahun Baru Belum Naik, tapi Ukurannya Makin Kecil Foto ilustrasi: Trio Hamdani/detikcom
Jakarta -

Jantung adalah organ yang memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, kesehatannya perlu terus dipelihara agar terhindar dari berbagai gangguan atau penyakit.

Dikutip dari Cleveland Heartlab, pola makan yang buruk adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan perlu dihindari.

Apa yang kita makan dan minum berdampak pada beberapa faktor risiko penyakit jantung. Ini termasuk tekanan darah, kolesterol, berat badan, dan risiko diabetes.

Menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan melalui beberapa cara, salah satunya menerapkan pola hidup dan pola makan sehat. Berpuasa di Bulan Ramadan bisa menjadi titik berkomitmen kembali menerapkan pola makan sehat.

Oleh karena itu, penting untuk memilih menu buka puasa yang baik untuk menunjang kesehatan jantung. Berpuasa tentu baik terhadap kesehatan jantung, karena kita bisa berlatih menahan diri dan bisa memilih makanan yang bergizi untuk tubuh kita.

Lalu, apa saja jenis makanan yang perlu dihindari saat buka puasa demi menjaga kesehatan jantung?

Gorengan Berlemak

Makanan yang digoreng pada umumnya mengandung persentase tinggi minyak yang akan menumpuk menjadi lemak. Kadar lemak memang diperlukan tubuh untuk mendapatkan energi namun jenis lemak yang salah justru akan menimbulkan masalah kesehatan.

Pada umumnya, makanan gorengan mengandung lemak jahat yang biasa disebut sebagai lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jahat ini akan meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan gangguan jantung dan naiknya asam lambung.

Makanan Tinggi Gula

Makanan yang mengandung gula biasanya meningkatkan kolesterol jahat, diet tinggi gula membuat hati mensintesis lebih banyak kolesterol LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat.

Selain itu, mengkonsumsi makanan manis juga bisa menurunkan kolesterol HDL (high-density lipoprotein) yang merupakan kolesterol baik. Kolesterol jahat bisa memicu penimbunan pada pembuluh darah yang mengakibatkan serangan jantung di kemudian hari.

Maka dari itu disarankan awali buka puasa dengan minum air putih untuk rehidrasi tubuh. Setelah itu, mengkonsumsi buah seperti kurma untuk mengawali buka puasa.

Kurma mengandung gula sederhana yang mampu dengan cepat menaikkan gula darah dalam tubuh, itu sangat baik karena kondisi gula darah selama berpuasa cenderung rendah.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT