Sabtu, 30 Apr 2022 06:34 WIB

Bye COVID-19! Mulai Mei, Korsel Akhiri Aturan Wajib Masker di Luar Ruangan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
People queue in line for the coronavirus test while maintaining social distancing at a temporary screening clinic for the coronavirus near the Seoul City Hall in Seoul, South Korea, Wednesday, Jan. 26, 2022. (AP Photo/Lee Jin-man) Foto: AP/Lee Jin-man
Jakarta -

Sejumlah negara sudah mulai melonggarkan pembatasan kesehatan untuk mencegah COVID-19. Terbaru, pekan depan, Korea Selatan tak lagi mewajibkan penggunaan masker di luar ruangan.

Perdana Menteri Kim Boo-kyum mengatakan keputusan itu dibuat karena pemerintah "tidak bisa lagi berpaling" dari ketidaknyamanan yang dialami warganya ketika situasi COVID-19 negara itu stabil.

"Warga masih diharuskan memakai masker di acara-acara dengan 50 petugas atau lebih, seperti di rapat umum, konser, dan stadion olahraga," kata Kim dikutip dari CNBC.

Aturan itu berlaku dua pekan setelah Korea Selatan mencabut sebagian besar pembatasan terkait pandemi, termasuk jam malam pada restoran dan tempat usaha.

Jumlah harian kasus virus Corona di Korea Selatan sudah melandai di bawah angka 100.000 setelah sempat mencapai puncaknya pada pertengahan Mei, yaitu 620.000 kasus per hari. Negara itu secara umum telah berhasil membendung jumlah kematian dan kasus krisis COVID-19 berkat gerakan vaksinasi secara luas.

Simak juga Video: Lewati Puncak Omicron, Korsel Cabut Aturan Jaga Jarak-Karantina

[Gambas:Video 20detik]



(kna/kna)