ADVERTISEMENT

Sabtu, 30 Apr 2022 17:00 WIB

Jelang Lebaran Jangan Tumbang, Tips Buka Puasa Sehat Agar Puasa Lancar

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
asian muslim people praying before having their food in dining room together for break fasting Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto
Jakarta -

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi dan sehat tentunya sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. Hanya saja rasa lapar yang ditahan selama kurang lebih 14 jam lamanya membuat seseorang jadi "lapar mata".

Hal inilah yang memicu seseorang jadi menerapkan kebiasaan tak sehat, seperti kalap saat berbuka puasa, lupa minum air putih, terlalu banyak konsumsi makanan manis, hingga makan terburu-buru.

Apabila kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus, justru bisa berdampak pada kesehatan tubuh dan membuat ibadah puasa menjadi tidak efektif loh. Lantas, bagaimana tips buka puasa yang sehat?

Ketua Satgas Ikatan Dokter Indonesia, Prof Zubairi Djoerban, menjelaskan saat berbuka puasa sebaiknya berbukalah dengan makanan ringan dan mudah dicerna, seperti buah kurma. Selain itu, ditambah juga dengan cairan, seperti air putih atau jus agar tetap terhidrasi.

"Berbukalah dengan makanan ringan dan mudah dicerna seperti buah kurma ditambah cairan (air putih atau jus) agar tetap terhidrasi," tuturnya seperti dikutip dari Twitter pribadinya @ProfesorZubairi, Sabtu (30/4/2022).

Selain itu, Prof Zubairi juga mengingatkan untuk menghindari makanan karbohidrat olahan dan gula, seperti nasi putih, roti, hingga permen saat berbuka puasa. Pasalnya, makanan-makanan tersebut bisa menyebabkan lonjakan gula darah dan berat badan.

"Hindari karbohidrat olahan dan gula (nasi putih, roti, permen) yang bisa menyebabkan lonjakan gula darah dan berat badan," lanjutnya.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Manuver Dewan Kolonel, Hingga Dendam Lama
Manuver Dewan Kolonel, Hingga Dendam Lama Selengkapnya