Catat Warga +62! Do's and Dont's Persiapan Silaturahmi saat Pandemi COVID-19

ADVERTISEMENT

Catat Warga +62! Do's and Dont's Persiapan Silaturahmi saat Pandemi COVID-19

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Minggu, 01 Mei 2022 08:02 WIB
Kepadatan arus lalu lintas kembali terjadi di jalur Selatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Pantauan detikJabar, sekitar pukul 09.00 WIB antrian kendaraan dari arah Cileunyi menuju ke arah Nagreg terjadi hingga ke kawasan Nagreg.
Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Jelang Hari Raya Idul Fitri, arus mudik di sejumlah kota terpantau padat seperti salah satunya Tol Jakarta-Cikampek KM 48. Pantauan di Minggu (1/5) jalanan mulai padat merayap, kepolisian disebut bakal menerapkan sistem contraflow untuk mengurai kemacetan.

Jumlah pemudik meningkat lantaran pemerintah kembali mengizinkan warga mudik Lebaran, usai dua tahun sebelumnya ada pelarangan. Dibolehkannya mudik mengacu pada situasi COVID-19 yang terus membaik.

Penambahan kasus harian COVID-19 Indonesia kini konsisten di bawah seribu selama sepekan terakhir. Angka kematian terus menurun, per Sabtu (30/4) ada 17 orang yang meninggal, turun dari hari sebelumnya yakni 23 kasus.

Meski begitu, epidemiolog Dicky Budiman dari Universitas Griffith Australia mengingatkan warga untuk tetap berhati-hati kala mudik demi menjaga kelompok rawan COVID-19 saat silaturahmi. Kelompok rawan meliputi lansia dan orang yang belum bisa divaksinasi COVID-19 karena masalah kesehatan.

Berikut beberapa tips yang disarankan.

1. Masker Jangan Kendor!

Meski banyak negara melonggarkan aturan wajib masker di tengah tren COVID-19 membaik, Dicky mengingatkan masyarakat untuk tidak lengah memakai masker. Pasalnya, penularan virus tetap berisiko pada mereka yang belum divaksinasi lengkap dan berusia lanjut.

"Pakai masker penting banget, kita nggak ada pelonggaran tentang masker, usahakan harus selalu memakai masker, karena masker efektif mencegah penularan," terang Dicky kepada detikcom, ditulis Minggu (1/5/2022).

2. Sudah Vaksin Lengkap

Dicky mengingatkan setiap orang wajib sudah divaksinasi lengkap saat silaturahmi Lebaran. Jika sudah waktunya divaksinasi booster, segeralah melanjutkan vaksin COVID-19 dosis ketiga agar kekebalan imunitas kembali meningkat.

"Kemudian juga mau di perjalanan, tempat transit, ataupun di daerah tujuan kita harus akselerasi tuh cakupan vaksinasi untuk memastikan orang yang datang ini kalau dia belum dosis kedua, daftar di daerahnya, untuk meningkatkan proteksi," beber dia.

3. Perhatikan Ventilasi Udara

COVID-19 merupakan virus yang bisa bertahan di udara. Menurut Dicky, kualitas udara wajib diperhatikan, terlebih saat berada di ruangan tertutup.

"Kualitas udara harus dijaga terutama di ruang tertutup usahakan mendapat udara yang baik, jendela dibuka, atau menggunakan AC yang terjaga sirkulasinya," pesan Dicky.



Simak Video "Yang Perlu Diketahui soal Booster Kedua Vaksin Covid-19 untuk Lansia"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT