Selasa, 03 Mei 2022 14:30 WIB

Terpopuler Sepekan

Siap Buka Rumah Baru untuk Terawan, PDSI: Anggota Otomatis Keluar dari IDI!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Deklarasi PDSI Foto: Mochammad Fajar Nur/detikHealth
Jakarta -

Eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto 'dipecat' dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Di tengah hebohnya kasus pemecatan tersebut muncul Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) yang mengaku menjadi organisasi profesi dokter baru, terpisah dari IDI.

PDSI mendeklarasikan dirinya pada Rabu (27/4) dan mengklaim sudah sah serta diakui negara lantaran mengantongi SK Kemenkumham No. AHU003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia.

Ketua Umum PDSI Brigjen TNI (Purn) dr Jajang Edi Priyanto membantah kemunculan organisasi profesinya terkait Terawan. Namun, ia tak menutup kemungkinan bergabungnya Terawan di PDSI sebagai rumah baru.

"Kita berdiri bukan karena kasus Terawan, tapi sesuai UUD tentang berserikat berkumpul. Adapun ke depan, kalau dia mau gabung kami terima dengan pintu terbuka," beber dr Jajang saat ditemui detikcom di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2022).

"Silahkan beliau tinggal di rumah yang baru (PDSI). Jadi tidak ada kaitannya, tapi kalau beliau bergabung kami terbuka," sambung dr Jajang.

Ia kemudian menegaskan setiap anggota PDSI otomatis keluar dari organisasi profesi lain, termasuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Pada dasarnya setelah kita deklarasikan PDSI, seluruh anggota PDSI mau tidak mau keluar dari organisasi sebelah," pungkas dia.



Simak Video "Bicara soal Organisasi di Luar IDI, Ketua IDI Singgung PDSI?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)