Rabu, 04 Mei 2022 09:46 WIB

RI Laporkan Hepatitis 'Misterius', Apa Sih Bedanya dengan Hepatitis Biasa?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
HEPATITIS written on a wooden block near a stethoscope, syringe and pills on a blue background. Medical concept Hepatitis misterius (Foto: Getty Images/iStockphoto/ALENA DZIHILEVICH)
Jakarta -

Indonesia sudah melaporkan temuan 3 kasus meninggal diduga hepatitis akut 'misterius' alias tanpa penyebab yang diketahui. Sebenarnya, apa sih bedanya dengan hepatitis biasa?

Temuan 3 kasus meninggal dunia dilaporkan Kementerian Kesehatan RI dalam rentan 2 pekan hingga 30 April 2022. Ketiganya dirawat di RSPN Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) setelah dirujuk dari sejumlah rumah sakit di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Beberapa gejala yang dilaporkan:

  • mual
  • muntah
  • diare berat
  • demam
  • kuning (jaundice)
  • kejang
  • penurunan kesadaran.

Dalam edarannya tentang hepatitis 'misterius' yang ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Organisasi Kesehatan Dunia WHO, Kemenkes menjelaskan definisi operasional kondisi hepatitis yang disebut juga Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute hepatitis of unknown aetiology) tersebut.

Kasus Konfirmasi:

Saat ini belum diketahui

Probabel:

Seseorang dengan hepatitis akut (virus non-hepatitis A, B, C, D, E) dengan AST (Aminotransferase Aspartat) atau ALT (Alanin Transaminase) lebih dari 500 IU/L, berusia kurang dari 16 tahun (1 Januari 2022)

Epi-linked:

Seseorang dengan hepatitis akut (virus non-hepatitis A, B, C, D, E) dari segala usia yang memiliki hubungan epidemiologis dengan kasus yang dikonfirmasi sejak 1
Januari 2022.

Simak Video 'Hepatitis Akut Misterius Masuk RI, IDAI Ingatkan Gejala dan Cara Pencegahan':

[Gambas:Video 20detik]




(up/up)