ADVERTISEMENT

Rabu, 04 Mei 2022 13:45 WIB

Sudah Ada 228 Kasus Hepatitis 'Misterius', Waspada jika Anak Alami Gejala Ini

Vidya Pinandhita - detikHealth
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit WHO mencatat setidaknya 228 kasus hepatitis misterius, ini sederet gejala pada anak yang wajib diwaspadai. Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut dugaan kasus hepatitis misterius pada anak-anak di sejumlah negara kini melonjak menjadi setidaknya 228 kasus. Mengingat, hingga kini kasus hepatitis tersebut tak diketahui penyebabnya.

Menurut Tarik Jasarevic dari WHO, pihaknya kini menangani kasus peradangan hati yang parah pada anak-anak setidaknya di 20 negara.

"Hingga 1 Mei, setidaknya 228 kasus yang mungkin dilaporkan ke WHO dari 20 negara dengan lebih dari 50 kasus tambahan dalam penyelidikan," kata Jasarevic. dikutip dari New York Post, Rabu (4/5/2022).

Di 10 negara bagian Amerika Serikat, di antaranya New York, lebih dari 20 anak terserang hepatitis dengan gejala berupa demam, kelelahan, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, sakit perut, urin berwarna gelap, tinja berwarna terang, nyeri sendi dan penyakit kuning. Diketahui, sejumlah pasien memerlukan transplantasi hati, dan satu anak di Wisconsin meninggal dunia akibat penyakit tersebut.

Hepatitis tersebut diyakini sebagai penyakit misterius lantaran menyebar tanpa diketahui asal muasalnya. Kasus-kasus yang terlaporkan tidak memiliki hubungan yang diketahui. Di samping itu, penyelidikan tengah diupayakan terhadap adenovirus penyebab pilek diduga menjadi pemicu hepatitis tersebut.

Hingga kini, Inggris mencatat jumlah kasus hepatitis misterius terbanyak dengan total 145 kasus. Disusul oleh AS, Spanyol, dan Israel. Kemudian, hampir selusin negara di Eropa lainnya telah melaporkan kemungkinan kasus hepatitis.

Simak Video 'Dua Dugaan Penyebab Hepatitis Akut Misterius':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT