Kamis, 05 Mei 2022 11:51 WIB

Ini Rentang Usia Anak yang Meninggal Akibat Hepatitis 'Misterius' di Jakarta

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi anak sedang dirawat di rumah sakit Rentang usia anak yang meninggal akibat hepatitis misterius (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI menyampaikan perkembangan temuan tiga kasus anak yang meninggal karena hepatitis 'misterius'. Rentang usia anak yang meninggal masih di bawah 12 tahun.

"Ketiga kasus ini usianya 2 tahun, 8 tahun, dan 11 tahun. ketiganya negatif covid," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers, Kamis (5/5/2022).

Nadia menyebut ketiga anak yang meninggal tersebut datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi yang parah setelah sebelumnya mengeluhkan sejumlah gejala. Beberapa di antaranya seperti mual, muntah, dan diare yang hebat.

"Sampai saat ini ketiga kasus belum bisa kita kategorikan sebagai hepatitis akut tetapi masuk kriteria pending classification karena ada pemeriksaan lab yang harus dilakukan terutama adenovirus dan hepatitis E yang membutugkan waktu 10-14 hari lainnya," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan terjadi Kejadian Luar Biasa hepatitis pada anak di Jakarta. Ketiga pasien ini merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Gejala yang ditemukan pada pasien-pasien ini adalah mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang dan penurunan kesadaran.



Simak Video "Cegah Penularan Hepatitis Akut Lewat PHBS-Perhatikan Konsumsi Makanan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)