Kamis, 05 Mei 2022 13:03 WIB

Dokter RSCM Ungkap Cara Cegah Hepatitis 'Misterius' pada Anak

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Anak sakit Cara cegah hepatitis 'misterius' pada anak (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah meminta seluruh masyarakat untuk mewaspadai kasus hepatitis misterius yang menginfeksi anak-anak.

Peningkatan kewaspadaan ini setelah tiga pasien anak dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta yang diduga terserang hepatitis misterius tersebut, meninggal dunia. Ketiganya merupakan pasien rujukan dari rumah sakit di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Menurut spesialis anak RSCM Dr dr Hanifah Oswari, SpA(K) sebagian anak yang mengalami hepatitis misterius itu awalnya mengeluh diare, sakit perut, mual, dan muntah.

"Mengenai hepatitis akut berat yang belum diketahui penyebabnya ini, kita melihat laporan-laporan kasus yang sudah ada, bahwa mulainya itu dengan gejala gastrointestinal, seperti misalnya diare, mual, muntah, dan sakit perut yang kadang-kadang disertai demam ringan," kata dr Hanifah Oswari dalam konferensi pers Kementerian Kesehatan pada Kamis (5/5/2022).

Lantas, bagaimana pencegahannya?

Pencegahan Hepatitis 'Misterius'

dr Hanifah mengatakan, terdapat beberapa dugaan yang menjadi penyebab hepatitis akut pada anak. Beberapa virus antara lain Adenovirus 41, SARS CoV-2, TBC, dan EBV.

"Kebanyakan dari virus-virus itu diduga penularannya melalui saluran pencernaan dan nafas," ungkapnya.

Maka dari itu, dr Hanifa meminta masyarakat agar melakukan tindakan pencegahan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Untuk menjaga (penyebaran virus) dari saluran pencernaan, melakukan tindakan cuci tangan dengan sabun saat hendak makan atau minum. Pastikan makanan minuman matang dan tidak menggunakan alat makan bersamaan dengan orang yang sedang sakit, dan menghindari anak kontak dari orang yang sedang sakit," ujarnya.

Sementara untuk mencegah penyebaran virus dari saluran pernafasan, bisa menerapkan protokol kesehatan COVID-19 seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Simak Video 'Dokter RSCM Beberkan Gejala Hepatitis Misterius yang Terjadi pada Anak':

[Gambas:Video 20detik]



(any/kna)