Kamis, 05 Mei 2022 13:31 WIB

Jangan Telat, Ini Wanti-wanti Dokter soal Gejala Hepatitis Misterius pada Anak

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
HEPATITIS written on a wooden block near a stethoscope, syringe and pills on a blue background. Medical concept Foto: Getty Images/iStockphoto/ALENA DZIHILEVICH
Jakarta -

Hepatitis 'misterius' yang belum diketahui penyebabnya diduga telah masuk ke Indonesia. Menurut laporan Kemkes RI telah ada 3 kasus pada anak-anak yang diduga mengidap hepatitis ini.

Dokter Spesialis anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr dr Hanifah Oswari, SpA(K), berpesan pada orang tua untuk tidak terlambat dalam merespon gejala awal hepatitis ini.

"Para orang tua harus waspada. Diharapkan tidak mendapatkan anak-anak kita dalam kondisi yang berat, namun dalam kondisi awal," ujarnya dalam konferensi pers Kementerian Kesehatan pada Kamis (5/5/2022).

"Gejala awalnya adalah gejala saluran cerna, seperti tadi diare, mual ,muntah, sakit perut, dan demam ringan," lanjutnya.

Dokter Hanifah menyatakan jika kondisi pengidap telah dalam tahap berat, penanganan oleh tim medis akan kehilangan momentum. Kondisi berat ini ditandai dengan sudah hilangnya kesadaran pada pengidap.

"Jangan menunggu sampai gejalanya lebih berat, karena kita kehilangan momentum untuk penanganan lebih cepat. Apalagi sampai hilangnya kesadaran," pungkasnya.

Simak Video 'Dokter RSCM Beberkan Gejala Hepatitis Misterius yang Terjadi pada Anak':

[Gambas:Video 20detik]



(mfn/fds)