Jumat, 06 Mei 2022 12:51 WIB

Peneliti Temukan Durasi Tidur Ideal bagi Lansia dan Paruh Baya

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
ilustrasi peregangan Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Orang-orang yang mencapai usia paruh baya dan lanjut usia juga memerlukan tidur yang cukup sebagaimana orang-orang di usia muda. Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa durasi sekitar tujuh jam tidur adalah waktu istirahat malam yang ideal.

Hasil penelitian yang terbit pada Jurnal Ilmiah Nature Aging ini dilakukan oleh Profesor Jianfeng Feng dari Universitas Fudan China. Dalam penelitian dinyatakan bahwa tidur tujuh jam berkaitan dengan kesehatan mental yang lebih baik dibandingkan dengan orang-orang yang durasi tidurnya lebih lama atau lebih pendek.

Para peneliti dalam studi ini menyarankan penting bahwa tidur ideal sekitar tujuh jam dan harus konsisten.

Durasi tidur yang tidak cukup dan berlebihan juga dikaitkan dengan berkurangnya kemampuan untuk memperhatikan, mengingat dan mempelajari hal-hal baru, memecahkan masalah dan membuat keputusan. Meskipun, Profesor Jianfeng Feng menyatakan hal ini tampak masih belum betul-betul meyakinkan.

"Meskipun kami tidak dapat mengatakan secara meyakinkan bahwa terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur menyebabkan masalah kognitif, analisis kami yang mengamati individu dalam jangka waktu yang lebih lama tampaknya mendukung gagasan ini," ungkap Profesor Jianfeng Feng dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari CNN.

Sementara itu, Russell Foster, seorang profesor di Universitas Oxford dan direktur Sir Jules Thorn Sleep and Circadian Neuroscience Institute, yang tidak terlibat dalam penelitian ini menanggapi bahwa penelitian tersebut tidak mempertimbangkan status kesehatan tiap individu.

"Berapa lama kita tidur, waktu tidur pilihan kita dan berapa kali kita bangun di malam hari sangat bervariasi antara individu dan seiring bertambahnya usia. Tidur itu dinamis, dan kita semua memiliki pola tidur yang berbeda, dan kuncinya adalah menilai apa kebutuhan individu kita," pungkasnya.



Simak Video "Saran Ahli untuk Lansia yang Hendak Mudik Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/fds)