Sabtu, 07 Mei 2022 09:15 WIB

China Klaim Wabah COVID-19 di Shanghai 'Terkendali', Tetap Lanjut Lockdown

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Shanghai telah memberlakukan lockdown sejak akhir bulan lalu. Pusat keuangan di Negeri Tirai Bambu itu pun kini sunyi, jauh dari hiruk-pikuk kota sehari-hari. Foto: REUTERS/ALY SONG
Jakarta -

Otoritas China mengatakan bahwa wabah COVID-19 di Shanghai masih 'terkendali' dan penanganannya efektif selama masa lockdown. Pihaknya menyebut tetap akan memberlakukan skema 'zero COVID' untuk mengendalikan Corona.

"Saat ini, situasi pencegahan dan pengendalian epidemi kota kami terus membaik, dan epidemi telah berhasil dikendalikan secara efektif," kata wakil Walikota Shanghai, Wu Qing, dikutip dari Reuters.

Banyak dari 25 juta penduduk Shanghai masih berada di dalam penguncian dan menentang langkah-langkah tersebut. Banyak warga mengeluh bahwa pejabat melakukan pendekatan dengan cara yang berbeda, dengan beberapa orang di "zona pencegahan" masih tidak dapat keluar meskipun daerah mereka telah melaporkan tidak ada kasus positif selama berminggu-minggu.

Satu kompleks besar di distrik Changning pusat Shanghai, mengumumkan pada Jumat (6/5) bahwa mereka melonggarkan pembatasan di dalam kompleks dan mengurangi jumlah sukarelawan yang membantu mengantarkan makanan. Namun penghuninya masih tidak bisa keluar melalui gerbang yang terkunci.

"Kita tidak bisa santai, kita tidak bisa mengendur: ketekunan adalah kemenangan," lanjut Wu.

Simak juga 'Kejar Target 'Zero Covid', Beijing Perpanjang Penutupan Sekolah':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/kna)