Jumat, 06 Mei 2022 21:01 WIB

Nggak Sampai Berjam-jam, Berapa Lama Sih Normalnya Orang Bercinta?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Close up of female feet in under the sheets. Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/santypan
Jakarta -

Durasi pasangan suami istri saat berhubungan seks pastinya sangat beragam. Tapi, ternyata lamanya orang bercinta tidak sampai berjam-jam lho seperti yang sering digambarkan dalam film dewasa atau porno.

"Itu jauh lebih pendek daripada gambaran seks berlangsung selama berjam-jam dalam film dewasa dapat memberikan gambaran yang salah tentang berapa lama seks seharusnya berlangsung," kata Jamin Brahmbhatt, MD, seorang ahli urologi di klinik PUR Urologi Kelompok Medis Kesehatan Orlando yang dikutip dari laman Insider, Jumat (6/5/2022).

Menurut sebuah penelitian tahun 2005 lalu yang dilakukan di lima negara, ternyata hubungan seks vaginal umumnya berlangsung sekitar 5 sampai 6 menit saja. Nyatanya, tidak ada lama waktu yang pasti untuk berhubungan seks. Itu bisa disesuaikan dengan pasangan untuk menentukan waktu yang ideal untuk keduanya.

Apa yang Bisa Bikin Pria Tidak Tahan Lama saat Bercinta?

Umumnya, pada pria yang lebih cepat mengalami ejakulasi saat berhubungan seks mungkin didiagnosis mengalami ejakulasi dini. Namun, itu bukan menjadi satu-satunya penyebab pria tidak bisa tahan lama saat berhubungan seks. Misalnya seperti:

Faktor Psikologi

Studi menunjukkan bahwa kecemasan, terutama kecemasan tentang kinerja seksual, bisa berkaitan dengan ejakulasi dini. Ini juga bisa terjadi saat pria merasa tertekan, stres, atau merasa bersalah karena terlalu cepat mencapai klimaks.

Pengalaman

Tingkat pengalaman seksual seseorang juga bisa mempengaruhi berapa lama seseorang bertahan di ranjang.

"Pria juga bisa mencapai klimaks lebih cepat jika mereka tidak sering berhubungan seks atau ini adalah pertama kalinya mereka melakukan aktivitas seksual," kata Brahmbhatt.

Bagaimana Cara Agar Bisa Tahan Lebih Lama?

Gunakan Kondom

Salah satu penyebab ejakulasi dini adalah akibat dari hipersensitivitas. Untuk mengatasinya, bisa dengan menggunakan kondom. Ini berguna untuk menjadi penghalang di sekitar penis yang menumpulkan sensasi yang bisa membuat ejakulasi tertunda.

Perlambat Gerakannya

Cara lainnya adalah dengan memperlambat gerakan saat berhubungan seks. Menurut terapis seks berlisensi, Vanessa Marin, MFT, ini akan membuat seks terasa semakin intens.

"Cobalah untuk bergerak dengan kecepatan lebih lambat, dan secara teratur mengambil sedikit istirahat untuk bergerak ekstra lambat," kata Marin.

Coba Ubah Posisi

Saat mengubah posisi, seseorang perlu sedikit istirahat dan akan memperlambat gerakan. Dengan cara ini, akan membuat seseorang lebih lambat mencapai orgasmenya.

"Anda tidak mendapatkan banyak rangsangan selama mengubah posisi, sehingga memungkinkan tubuh Anda untuk mendinginkan diri dan mendapatkan lebih jauh dari orgasme," kata Marin.

Coba Trik Edging

Edging merupakan proses mencapai puncak orgasme, lalu menghentikan diri untuk menenangkan diri sebelum mulai bergerak lagi. Cara ini bisa dilakukan untuk bertahan lebih lama saat berhubungan seks, bisa diulangi sebanyak mungkin.

"Karena Anda tidak membiarkan diri Anda orgasme dan beristirahat secara berkala, Anda secara alami akan bertahan lebih lama," pungkas Marin.



Simak Video "Jangan Sembarangan Bercinta di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)