Pakar Beberkan Gejala Awal Hepatitis Akut Misterius yang Menyerang Anak

ADVERTISEMENT

Pakar Beberkan Gejala Awal Hepatitis Akut Misterius yang Menyerang Anak

Vidya Pinandhita - detikHealth
Sabtu, 07 Mei 2022 15:30 WIB
Hepatitis word from wooden blocks on desk
Gejala hepatitis pada anak menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Foto: Getty Images/iStockphoto/Piotrekswat
Jakarta -

Menyusul ratusan kasus hepatitis misterius di sejumlah negara, Kementerian Kesehatan RI melaporkan tiga kasus kematian anak diduga akibat hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menjabarkan sederet gejala yang perlu diwaspadai.

"Gejalanya adalah sebagian besar gejala saluran cerna, jadi gejala saluran cerna ini bisa anak muntah, diare, sakit perut, demam karena ini suatu infeksi," terang Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi IDAI, dr Muzal Kadim, SpA(K) dalam diskusi daring, Sabtu (7/5/2022).

"Lalu lebih lanjut lagi, ada kuning biasanya di kelopak mata, di sklera. Kelopak matanya ditarik, kelopak mata yang putih itu (menjadi) kuning. Bisa ke badan kalau lebih berat lagi," sambungnya.

Risiko Kematian

dr Muzal menyebut, pada kasus hepatitis yang lebih berat, bisa muncul gejala berupa penurunan kesadaran dan kejang. Jika tidak ditangani dengan tepat, risikonya tak lain kematian.

"Kalau kewaspadaan kita adalah sedini mungkin kalau kita mendapatkan kasus lebih dini belum sampai terjadi hepatitis yang berat, akut, masih awal, sehingga kita bisa melakukan banyak hal. Tapi kalau sudah datang dalam keadaan berat hepatitis, apalagi sudah gagal hati yang sulit. Medisnya juga tidak banyak yang bisa dilakukan, jadi bisa menyebabkan kematian," bebernya.

Dalam laporan yang dirilis Minggu (1/5/2022), Kemenkes RI menyebut tiga pasien yang meninggal dunia sempat mengalami gejala berupa mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang dan penurunan kesadaran.

Berlanjut berdasarkan keterangan pada Kamis (5/5), Kemenkes RI bersama Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan investigasi kontak untuk mengetahui faktor risiko terhadap kasus hepatitis akut pada ketiga anak tersebut.



Simak Video "CDC Imbau Dokter Terkait Ditemukannya Hepatitis Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT