3 Kasus Hepatitis Akut RI Masuk Kriteria 'Pending Klasifikasi', Ini Artinya

ADVERTISEMENT

3 Kasus Hepatitis Akut RI Masuk Kriteria 'Pending Klasifikasi', Ini Artinya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Minggu, 08 Mei 2022 10:20 WIB
The word Hepatitis is written on wooden blocks next to tablets on a blue background. Medical concept
Ilustrasi hepatitis akut (Foto: Getty Images/iStockphoto/ALENA DZIHILEVICH)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI menyebut 3 kasus hepatitis akut di DKI masih dikategorikan sebagai 'pending klasifikasi'. Masih ada pemeriksaan adenovirus dan hepatitis E yang hasilnya baru bisa didapatkan 10-14 hari ke depan.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid dalam konferensi pers baru-baru ini menjelaskan ketiganya datang ke rumah sakit dalam kondisi stadium lanjut. Investigasi kontak dilakukan untuk mengetahui faktor risiko terkait kematian ketiganya.

"Sampai saat ini ketiga kasus ini belum bisa kita golongkan sebagai penyakit hepatitis akut dengan gejala berat tadi, tetapi masuk pada kriteria pending klasifikasi karena masih ada pemeriksaan laboratorium yang harus dilakukan terutama pemeriksaan adenovirus dan pemeriksaan Hepatitis E yang membutuhkan waktu antara 10 sampai 14 hari ke depan," jelasnya dalam konferensi pers, Kamis (5/5/2022).

Dalam edaran tentang kewaspadaan terhadap Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute hepatitis of unknown aetiology), Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes menyebut 3 kriteria berdasarkan definisi operasional yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia WHO. Ketiganya adalah:

1. Konfirmasi

Saat ini belum diketahui

2. Probabel

Seseorang dengan hepatitis akut (virus non-hepatitis A, B, C, D, E) dengan AST (aspartat aminotransferase) atau ALT (alanin aminotransferase) lebih dari 500 IU/L, berusia kurang dari 16 tahun (sejak 1 Januari 2022)

3. Epi-link alias kontak erat

Seseorang dengan hepatitis akut (virus non-hepatitis A, B, C, D, E) dari segala usia yang memiliki hubungan epidemiologis dengan kasus yang dikonfirmasi sejak 1
Januari 2022.

NEXT: Kategori 'pending classification' dan maknanya.



Simak Video "Cegah Penularan Hepatitis Akut Lewat PHBS-Perhatikan Konsumsi Makanan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT