Selasa, 10 Mei 2022 08:06 WIB

Belum Berakhir! Ini Aturan Lengkap PPKM Jabodetabek hingga 23 Mei 2022

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kasus COVID-19 di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya DKI, mengalami penurunan. Namun bukan berarti virus Corona sudah hilang karena kita masih berperang melawan COVID-19. Ilustrasi Corona di Indonesia. (Foto: dok detikcom)
Jakarta -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Indonesia belum berakhir, termasuk di Jawa Bali. Pemerintah memperpanjang PPKM Jawa Bali dua pekan ke depan, 10 Mei hingga 23 Mei 2022.

Jabodetabek masih berada di level 2, sejumlah aktivitas diperlonggar tetapi tetap mengutamakan skrining COVID-19 demi menekan risiko penularan virus. Koordinator PPKM Jawa Bali Luhut Binsar Pandjaitan bahkan mengimbau masyarakat mengedepankan work from home (WFH) di tengah mobilitas yang kembali tinggi pasca Lebaran.

WFO-WFH

Pelaksanaan work from office bagi sektor non essensial diberlakukan 75 persen. Syaratnya, pegawai wajib sudah divaksinasi dan melakukan skrining di PeduliLindungi saat akses keluar masuk kantor.

Supermarket hingga Pasar

Untuk supermarket, hypermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan
yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai dengan Pukul 22.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 75 persen.

Untuk supermarket dan hypermarket wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang dimulai sejak tanggal 14 September 2021 serta hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Makan di Tempat Umum

Aturan makan di tempat umum mulai dari warung makan, lapak jajanan, restoran, kafe yang berada di dalam dan luar gedung dibatasi kapasitasnya maksimal 75 persen. Diizinkan beroperasi sampai puluk 22:00 dengan tetap melakukan skrining melalui PeduliLindungi.

Hanya yang berstatus hijau diperkenankan makan di tempat umum terkecuali mereka yang tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan. Sementara restoran yang beroperasi di malam hari diperbolehkan buka hingga pukul 02:00 dini hari.

Waktu makan seluruhnya dibatasi 60 menit.

Mal

Warga di wilayah PPKM level 2 diizinkan masuk mal, kapasitas maksimal 75 persen. Waktu beroperasi dibatasi sampai pukul 22:00 setempat.

Anak usia d bawah 12 (dua belas) tahun wajib didampingi orang tua. Khusus anak usia 6 tahun sampai dengan 12 tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

Tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan, mal, pusat perdagangan dibuka dengan syarat
menunjukkan bukti vaksinasi lengkap khusus anak usia 6 sampai dengan 12 tahun.

Bioskop

Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai. Kapasitas maksimal 75 persen dan hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Anak usia di bawah 12 (dua belas) tahun wajib didampingi orang tua. Khusus anak usia 6 tahun sampai dengan 12 tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama. Restoran/rumah makan dan kafe di dalam area bioskop diizinkan menerima makan di tempat dengan kapasitas maksimal 75% (tujuh puluh lima persen) dan waktu makan maksimal 60 (enam puluh) menit.

Simak video 'Antisipasi Lonjakan Covid-19, Luhut Imbau Kantor Berlakukan WFH 2 Pekan':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)